Berita  

Bencana di NTT, Ini Cara Pantau Siklon Seroja di HP

Cara Pantau Siklon Seroja Pakai HP

Sejumlah wilayah di NTT rusak akibat Siklon Seroja. Kita bisa memantau langsung kemana topan itu bergerak dari ponsel masing-masing.

Untuk memantau pergerakan Siklon Seroja, netizen bisa melihatnya di Zoom Earth.saat ini ada link khusus untuk memantaunya secara real time.

Anda bisa langsung klik di sini : Peta Real Time Pergerakan Siklon Seroja

Tampak bahwa Siklon Seroja mulai teramati pada 1 April 2021 sebagai badai kategori B (Disturbance) dengan kecepatan 45 km/jam di lepas laut selatan Ende. Pada 2-3 April 2021 ia bergerak ke arah Kupang.

Pada 4 April 2021, Siklon Seroja makin kuat dan naik level kategori L (Tropical Low) dengan kecepatan 55 km/jam, lalu naik jadi 65 km/jam saat melewati Kupang. Di Kupang, Siklon Seroja sudah menimbulkan banyak kerusakan.

Dari Kupang, Siklon Seroja menuju Pulau Rote dan semakin kuat lagi. Pada 5 April, Siklon Seroja naik level jadi C1 (Category 1 Tropical Cyclone) dengan kekuatan 85-95 km/jam saat lewat di sisi utara lepas laut Pulau Rote.

Hari ini, Siklon Seroja berada jauh di tengah laut di selatan Pulau Sumba. Kekuatannya semakin menggila dan naik level jadi C2 (Category 2 Tropical Cyclone) dengan kecepatan angin 100 km/jam!

Untung saja posisi topan sekarang ada di Laut Timor. Diperkirakan, Siklon Seroja akan menuju ke lepas laut di wilayah Australia Barat. Zoom Earth mengambil data cuaca dari satelit JMA, NOAA, CIRA, Himawari-8, Rain Viewer dan JTWC. Semoga saja tanggap bencana dan penyelamatan bisa segera dilakukan di kawasan terdampak Siklon Tropis Seroja di NTT.

Exit mobile version