Berita  

Database JDIH BSSN Bocor & Dibagikan Secara Gratis

situs jdih bssn bocor

Kali ini, data di situs Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau JDIH BSSN bocor dan dibagikan di forum online Raid Forums baru-baru ini.

JDIH BSSN sendiri adalah laman yang berisi informasi hukum seperti peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya yang berkaitan dengan BSSN, termasuk keputusan kepala, peraturan kepala, hingga peraturan BSSN.

Adapun sosok yang membocorkan data ini merupakan anggota forum online Raid Forums dengan nama akun “p0L1cy”. Dalam sebuah posting, ia membagikan data sebesar 1,09 GB secara cuma-cuma alias gratis. Pengguna bisa mengunduh data tersebut melalui sebuah tautan (link) yang disediakan. Ketika link diklik, pengguna akan dialihkan ke laman baru dengan URL “anonfile.com”.

Di sana pengguna akan melihat data bernama “jdih-bssn-go-id.zip” sebesar 1,09 GB beserta tautan untuk mengunduhnya. Untuk kalian yang ingin mengunduhnya bisa kunjungi langsung pada halaman tersebut. Pastikan untuk menggunakan VPN agar akses tidak terblokir.

https://raidforums.com/Thread-JDIH-BSSN-Source-Code-Database-Indonesia

Pembuktian Data JDIH BSSN

Melansir dari situs CNN, Dalam deskripsi, data tersebut diklaim berisi sumber kode (source code) dan database dari situs JDIH milik BSSN dengan URL jdih.bssn.go.id.

Dugaan data pada situs JDIH BSSN bocor ini, diperkuat dengan temuan Afif Hidayatullah, seorang peneliti keamanan siber independen yang juga seorang bug hunter (pemburu celah keamanan internet).

Terkait dugaan kebocoran data ini, Afif mencoba untuk memvalidasi, apakah data yang dibagikan p0L1cy benar berasal dari situs JDIH BSSN atau bukan. Caranya, Afif mengunduh data 1,09 GB yang dibagikan p0L1cy, lalu memeriksa database dari data yang didapatkannya dari RaidForums.

Kemudian, Afif mengecek salah satu dokumen bernama “2016/02/PERKA-NOMOR-1-TAHUN-2010-danLampiransigned.pdf” yang tercantum dalam database. Dokumen itu lalu ditelusuri di mesin pencarian Google.

Dalam penelusurannya, Afif menggunakan kata kunci “inurl: 2016/02/PERKA-NOMOR-1-TAHUN-2010-danLampiransigned.pdf”. Variabel “inurl” sendiri digunakan untuk mencari kata yang dicari pada URL.

Ternyata, hasil pencarian Afif menunjukkan bahwa dokumen “2016/02/PERKA-NOMOR-1-TAHUN-2010-danLampiransigned.pdf” benar terindeks di Google dan berasal dari situs dengan URL jdih.bssn.go.id.

“Setelah saya validasi, (dengan cara) saya periksa database-nya dan menyesuaikan yang terindeks di Google, benar ini milik JDIH BSSN,” kata Afif melalui pesan singkat, Senin (31/1/2022) siang. Selain itu, Afif juga mengungkapkan bahwa beberapa file yang ia peroleh dari RaidForums juga mengindikasikan bahwa data tersebut adalah milik BSSN.

Situs Tidak Dapat Diakses

Sampai saat ini, situs jdih.bssn.go.id tidak dapat diakses. menurut pantuan langsung beberapa jam lalu situs tersebut menampilkan tulisan akan “Kami akan segera kembali”.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, namun kami sedang melakukan perawatan rutin saat ini. Jika Anda membutuhkan bantuan silahkan hubungi (+62 21-780-5814) / pusdatik[at]bssn.go.id,”

 

Exit mobile version