Berita  

Inilah Sosok Dewa Kipas Yang Berhasil Kalahkan Pemain Catur Dunia

sosok dewa kipas yang kalahkan pemain catur dunia

Siapa itu Dewa Kipas? Netizen baru-baru ini dihebohkan dengan konflik antara pemain catur asal Indonesia yang memiliki username Dewa_Catur dengan YouTuber asal Amerika Serikat, GothamChess.

Dewa Kipas berhasil mengalahkan GothamChess di sebuah pertandingan catur online di situs Chess.com. Kemenangannya membuat Dewa Kipas dituduh menggunakan cheat alias bermain curang.

Akun Dewa Kipas bahkan diblokir dari situs chess.com Hal itu rupanya mencuri perhatian netizen, hingga sempat jadi trending di Twitter. Banyak netizen Indonesia yang membela Dewa Kipas. Lalu sebenarnya siapa pemain catur yang viral tersebut?

Siapa itu Dewa Kipas dan GothamChess?

Dewa Kipas adalah seorang pemain catur yang viral usai berhasil kalahkan YouTuber catur asal Amerika Serikat. Dewa Kipas memiliki nama asli Dadang Subur. Ia merupakan pria 60 tahun asal Bandung.

Sementara itu, GothamChess adalah YouTuber sekaligus gamer catur profesional yang memiliki nama asli Levy Rozman. Gotham Chess memiliki gelar master catur. Di YouTube, ia memiliki lebih dari 700 ribu subscribers.

Kemenangan Dadang Subur saat menghadapi Levy Rozman rupanya membuat banyak fans Levy curiga Dadang menggunakan cheat. Tuduhan itu membuat akun Dadang dengan username Dewa_Kipas diblokir.

Tuduhan itu membuat anak Dadang Subur, Ali Akbar buka suara di Facebook. Akhirnya perseteruan itu mencuri perhatian netizen Indonesia. Banyak yang ikut membela bahkan meminta pertandingan ulang.

7 Fakta Dadang Subur Dewa Kipas

Akibat konflik tersebut, banyak netizen Indonesia yang penasaran dengan sosok Dadang Subur. Bahkan tidak sedikit yang memuji username uniknya yaitu Dewa Kipas. Ternyata Dadang Subur bukan orang baru di dunia catur.

Ia sudah beberapa kali menjuarai turnamen catur. Berikut tujuh fakta Dadang Subur Dewa Kipas yang dikutip dari situs Kompas.com.

1. Pernah bergabung dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI)

Dadang Subur bukan orang baru dalam dunia catur. Ia pernah bergabung dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI). Ia sudah aktif bermain catur sejak masih kuliah.

Dadang pernah menjuarai 7 turnamen catur daerah, meski tidak selalu juara 1. Ia juga sering mengikuti turnamen catur di kantor tempatnya bekerja.

Dadang pernah juara 1 kejuaraan catur ke 37 kota Singkawang pada tahun 2005 silam.

2. Terbiasa mencatat tiap langkah dalam pertandingan catur

Dadang Subur mengaku terbiasa mencatat setiap langkah dalam pertandingan catur. Sebelum main di situs chess.com, ia sering bermain melawan komputer di aplikasi Shredder Chess.

Tak sekadar melawan bot, Dadang juga kerap mencatat tiap langkah yang dibuatnya agar paham bagaimana pola permainan orang yang memiliki ELO 2.600.

3. Ikut Chess.com karena diperkenalkan oleh sang anak

Ali Akbar, anak Dadang Subur mengatakan ayahnya tahu ada chess.com usai diperkenalkan olehnya. Ali kemudian membantu membuatkan akun, menambahkan foto profil, dan mengajari ayahnya mencari lawan dan memulai pertandingan.

4. Sudah main 332 kali hingga akunnya diblokir

Ali mengatakan, ayahnya membuat akun Chess.com pada 12 Februari 2021. Sejak itu hingga diblokir, ayahnya telah memainkan sekitar 332 kali pertandingan dengan 232 kali menang, 90 kali kalah, dan 10 kali remis (seri).

5. Mencapai ELO 2300 dalam waktu 3 minggu

Sejak bikin akun di Chess.com, selama tiga pekan ia sudah berhasil mencapai ELO 2300. Biasanya orang akan mencapai peringkat ELO 800 hingga 1200 dalam waktu beberapa bulan. Tapi Dadang Subur bisa mencapai lebih dari angka itu dalam waktu 3 pekan saja.

6. Sering main catur sampai lupa waktu

Ali Akbar juga mengatakan bahwa Dadang Subur sering main catur setiap hari sampai lupa makan dan tidur. Kebiasaan itu membuatnya sering dimarahi oleh sang istri.

Kebiasaan Dadang Subur yang main catur tanpa henti di chess.com selama tiga pekan itu yang membuatnya bisa mencapai peringkat ELO 2300.

7. Awal ikut chess.com untuk bertemu pemain catur professional Indonesia

Dadang Subur awalnya ingin bergabung di chess.com dengan harapan bisa bertemu para pemain catur profesional asal Indonesia seperti Susanto Megaranto atau Sean Winshand.

Sayangnya impian itu harus kandas karena akunnya sudah terlanjur diblokir, gara-gara tuduhan menggunakan cheat.

Nah itulah dia profil singkat dari Dewa Kipas yang viral akhir akhir ini. Semoga bisa menambah informasi kalian ya.

Exit mobile version