Berita  

Tagar Tutup Holywings Trending Akibat Promosi Menyinggung SARA

Tutup Holywings Trending

Tagar tutup Holywings #TutupHolywingsIndonesia menjadi trending diperbincangkan di twitter. Hal ini buntut dari viralnya foto poster yang berisi promo minuman beralkohol gratis untuk orang yang bernama Muhammad dan Maria.

Setelah viral disejumlah media sosial, promo tersebut langsung menuai kritik dan dilaporkan ke polisi. Bahkan beberapa ormas islam menggeruduk lokasi Holywings, baik yang di Jakarta maupun di beberapa daerah.

Pada Sabtu kemarin, seruan dengan tagar Tutup Holywings Indonesia menjadi trending topic dan ramai diperbincangakan netizen. Terpantau sejak semalam hashtag Tutup Holywings Indonesia telah dibicarakan hingga 4.356 kali.

Sedangkan, Minggu (26/6) pagi, tagar Tutup Holywings Indonesia sudah diperbincangkan sampai 5.735 kali. Jumlah tersebut kemungkinan besar masih bisa bertambah ke depannya, mengingat kasus ini masih terus begulir.

Sebelumnya Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan enam pegawai Holywings sebagai tersangka dan ditahan. Mereka diciduk atas kasus promosi minuman keras gratis bagi yang bernama Muhammad dan Maria.

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa screenshot posting-an akun Holywings yang mempromosikan miras gratis bagi orang yang bernama Muhammad dan Maria.

Polisi juga menyita 1 unit PC komputer, 1 unit handphone, 1 hard disk, dan 1 unit laptop. “Dari barang bukti kami duga pelaku gunakan barang bukti sebagai sarana dalam lakukan tindak pidana tersebut,” kata Budhi.

Adapun enam pegawai Holywings yang ditangkap dan jadi tersangka adalah Creative Director Holywings, SDR (27); Head Team Promotion, NDP (36); pembuat desain promo, DAD (27); tim admin media sosial, EA (22); socmed officer, AAB (25); dan admin tim promo, AAM (25).

Para tersangka dijerat dengan pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 Undang-undang Bomor 1 Tahun 1946 dan juga pasal 156 atau pasal 156a KUHP, kemudian pasal 28 ayat 2 Undang-undang nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

pada Minggu 26 Juni 2022 dini hari, #TutupHolywingsIndonesia menempati urutan teratas dengan 4.738 kali twitt.

Ajakan untuk bergerak juga dicuitkan Ketua DPP KNPI Haris Pertama melalui akun @knpiharis.

“Masyarakat Indonesia harus bergerak, TUTUP seluruh Holywings yang ada di Indonesia,” cuit Haris Pertama yang disertai dengan #TutupHolywingsIndonesia dan #holywingsindonesia.

“DPP KNPI menghimbau kepada seluruh DPD KNPI Provinsi dan KNPI Kota/Kabupaten untuk bergerak menutup dan melaporkan Holywings,” tulis Haris dalam cuitan berikutnya.

Baca Juga: Kasus Promosi Holywings Singgung SARA, Polisi Buka Kemungkinan Ada Tersangka Baru

Ia juga menambahkan #TutupHolywingsIndonesia, #TutupHolywings, #holywingsindonesia, #holywingsindonesiapenistaagama.

Ketua DPP KNPI Haris Pertama mengimbau DPD KNPI Provinsi dan KNPI Kabupaten/Kota untuk melaporkan Holywings Indonesia. (Tangkap layar Twitter @knpiharis)
Netizen lainnya bahkan merasa prihatin dengan ditetapkannya enam karyawan menjadi tersangka, sedangkan manajemen dan pemilik seolah cuci tangan dalam kasus tersebut.

“Masalah Holywings ngeri bener. Lu staf desain grafis, admin medsos, tiba-tiba bisa jadi tersangka dan manajemen perusahaan cuci tangan,” tulis akun @redne

“Usia 22-25 tahun, perempuan, desainer grafis dan staf admin, dipenjara gegara kerja di holywings. Ga kebayang gimana ancurnya. Pun hakim vonis bebas nanti para staf ini, tetep aja prosesnya udah ngancurin kesempatan berkembang anak-anak muda ini,” tambah @redne

Exit mobile version