Python Variable

  • Share

Wasap, berjumpa lagi sama gw, pada kesempatan kali ini gw bakal lanjutkan membahas mengenai Python yaitu sekarang kita masuk ke bagian variablenya. Yow, tanpa basa basi, langsung saja kita simak penjelasan berikut ini :

Dalam penggunaan bahasa program, termasuk Python, kita tidak bisa lepas dengan yang namanya variable. Variable itu adalah nama penyimpanan data di memory komputer yang digunakan selama eksekusi program dan nilai datanya bisa berubah ubah, biasanya sebuah variable menyimpan sepotong data, dan memiliki data khusus, contohnya seperti dibawah ini :

nilai = 10

Variable [ nilai ] di atas menyimpan sebuah data berupa [ bilangan 10 ]

DataSaya = "Welcome To BrizerXone Cyber"

Variable [ DataSaya ] di atas menyimpan sebuag nilai berupa [ string > selamat pagi ]

Beberapa peraturan penamaan sebuah variable :

  • Nama variable harus dimulai dengan huruf / karakter garis bawah [ _ ] dan setelahnya baru diperbolehkan diikuti oleh angka.
  • Nama variable tidak boleh menggunakan kata perintah bahasa pemrograman python, seperti :
    • and, exec, not, del, as, finally, or, elif, assert, for, pass, else, break, from, print, except, class, global, raise, in, continue, if, return, is, def, import, try, lambda, while, with, yield.
  • Nama variable merupakan sebuah case sensitif
  • Umumnya Variable menggunakan huruf kecil dan sebaiknya nama variable mencerminkan jenis isi variable tersebut, supaya tidak bingung saat melakukan pemanggilan.

Berikut ini adalah contoh pembuatan Variable string :

namague = 'Brizer Cyber'
print(namague)

Hasil dari perintah diatas adalah akan menampilkan data string dari variable “namague” yang berarti hasilnya adalah [ Brizer Cyber ]

Nah, cukup mudah bukan ? yos, ikuti terus pembahasan gue selanjutnya, see you

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version