Sakti HTML | Pengenalan HTML | Part 1

  • Share

Html atau HyperText Markup Language merupakan sebuah bahasa pemrograman terstruktur yang dikembangkan untuk membuat laman website yang dapat diakses atau ditampilkan menggunakan web browser ( peramban web )

Bisa disebut bahwa, bahasa pemorgraman ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling gampang bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain yang digunakan saat ini.

Mulai dari tahun 2010 sampai sekarang, perkembangan HTML sudah sangat pesat, didukung juga dengan hadirnya CSS – JS – PHP yang membuat pemrograman dan visualisasi situs yang tampak keren dan mulus.

Bisa dilihat, bahwa memang dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya saja, dalam dokumen HTML sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau biasa lebih dikenal dengan sebutan TAG.

HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen” struktur dan format di dalam halaman web daripada menentukan tampilannya. Sedangkan penjelajah web digunakan untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built-in penjelajah web, dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web.

Contoh Pembuatan HTML dengan Notepad

Halaman web dapat dibuat dan dimodifikasi dengan menggunakan HTML editor yang professional. Namun, untuk mempelajari HTML, saya sarankan menggunakan program seperti Notepad, ataupun kalau ingin menggunakan program yang terbilang professional seperti VisualStudioCode, juga tidak masalah. Karena pada dasarnya nanti, dasar” pemrograman web ini akan lebih dapat dimengerti dengan menggunakan program” seperti ini.

Nah, tunggu apalagi, kita akan coba menulis HTML di Notepad / kode editor apapun yang ingin kalian pakai, tidak masalah, disini saya akan menggunakan VisualStudioCode.

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title> Title Website </title>
<head>
<body>

<h1> My First Heading</h1>
<p> My First Paragraf </p>

</body>
</html>

Nah, program yang akan saya gunakan pertama adalah seperti diatas, kalian bisa ikuti, dan jangan lupa, setelah membuat program itu, ingat untuk menyimpan file tersebut dengan extension .html, contoh ( namafile.html ) jika sudah, dibawah ini akan saya tampilkan hasil dari program yang kita buat diatas.

Nah, bisa kita lihat di gambar diatas, itu adalah hasil dari program yang kita buat tadi. Menarik bukan ?

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version