Apa itu Aplikasi Signal dan Bagaimana Kelebihannya?

  • Share

Halo sobat tekno, akhir-akhir ini Warga Inernet mengungkapkan rasa keprihatinan dan kekecewaan dengan kebijakan baru dari pihak WhatsApp. Disebutkan, user WhatsApp harus mengizinkan datanya untuk dibagikan dengan Facebook, perusahaan induk WhatsApp, termasuk data diri user dan juga lokasi.

Sebagian user merasa kebijakan baru tersebut dapat membuat risiko kebocoran data yang lebih besar. Aplikasi dan layanan ini bisa dinilai tidak cukup aman dalam bidang penyimpanan privasi.

Dan akhirnya, sebagian warganet ramai-ramai mengajak untuk meninggalkan WhatsApp. Mereka menyarankan untuk beralih menggunakan aplikasi perpesanan Signal.

Dikutip dari laman Androidauthority, Signal merupakan salah satu aplikasi perpesanan dan obrolan suara gratis yang berfokuskan pada privasi. Aplikasi ini dapat digunakan di perangkat iOS dan Android termasuk juga desktop. Untuk bergabung dengan aplikasi Signal, user hanya perlu memasukkan nomor ponsel. Setelah itu memasukkan kode verifikasi.

Toko aplikasi Android Playstore, menyebutkan bahwa Signal dapat diunduh secara gratis. Seperti halnya aplikasi perpesanan lain, Signal dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, audio, dan video terenkripsi untuk individu dan grup. Bahkan, pengguna Signal juga dapat melakukan panggilan telepon terenkripsi dengan telepon seluler biasa.

“Jutaan orang telah menggunakan Signal setiap hari untuk berkomunikasi secara gratis dan di mana saja di dunia. Kirim dan terima pesan dengan keakuratan yang tinggi, berpartisipasi dalam panggilan suara/video HD, dan menjelajahi serangkaian fitur baru yang dikembangkan untuk membantu Anda agar tetap terhubung. Teknologi privasi canggih Signal akan selalu diaktifkan, sehingga Anda dapat fokus pada berbagi momen yang penting bagi orang-orang yang penting bagi Anda tanpa harus khawatir,” tulis keterangan Signal.

Kelebihan Aplikasi Signal

  • Berkomunikasi menggunakan Signal dienkripsi secara end-to-end, hal ini berarti hanya pengirim dan penerima saja yang dapat melihat konten pesan.
  • Perusahaan Signal tidak akan bisa membaca pesan pengguna karena adanya protokol enkripsi.
  • User dapat mengatur supaya pesan menghilang setelah jangka waktu tertentu, dan juga bisa disesuaikan secara kebutuhan kalian masing-masing.
  • Pihak Signal tidak mengumpulkan data usernya.
  • Satu satunya informasi yang dikumpulkan yaitu hanya nomor telepon pengguna saat melakukan pendaftaran.
  • Pesan akan dikirim dengan cepat dan handal, bahkan pada jaringan lambat sekaligus. Signal telah dioptimalkan untuk tetap beroperasi di lingkungan yang paling terkendala keadaannya.
  • Mempunyai fitur gambar yang cukup lengkap. User dapat mengedit gambar untuk membuat sketsa, memotong, dan juga membalik foto sesuai dengan keinginan.

Tentang Signal

Signal adalah sebuah organisasi nirlaba 501(c)(3) yang sepenuhnya independen. Sebagian alasan tidak mengumpulkan data adalah karena Signal merupakan organisasi nirlaba, bukan perusahaan nirlaba. Tidak ada iklan, jadi tidak berkewajiban untuk melacak user.

Signal telah didanai oleh hibah dan investor swasta, salah satunya adalah dari pihak yang memiliki minat dalam membuat platform berorientasi privasi tersebut. Salah satunya, pendiri WhatsApp, Brian Acton, pada 2018 menyumbangkan dana 50 juta dolar AS untuk membuat Signal Foundation, yang sekarang sedang menjalankan Signal.

Brian Acton juga ikut serta dengan misi ini untuk membuat layanan perpesanan yang benar-benar pribadi setelah Facebook membuat WhatsApp terakuisisi.

“Facebook mungkin lebih nyaman menjual iklan daripada membelinya, tetapi mereka akan melakukan apa yang harus mereka lakukan untuk menjadi hasil teratas ketika beberapa orang mencari ‘Signal’ di App Store. P.S. Tidak akan pernah ada iklan di Signal, karena data Anda adalah milik Anda, bukan milik kami.” Keterangan Signal di Twitter

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

  1. Download aplikasi Signal sesuai sistem operasi perangkat yang sedang kalian gunakan.
  2. Untuk bergabung dengan Signal, user hanya diperlukan untuk memasukkan nomor ponsel.
  3. Selanjutnya, user akan mendapatkan kode verifikasi. Disarankan untuk tidak membagikan kode ini kepada orang lain.
  4. Masukkan kode verifikasi supaya dapat menggunakan Signal.
  5. Selesai.

Aplikasi Signal telah tersedia untuk beragam perangkat lintas sistem operasi, seperti Android, iPhone dan iPad, Mac, Windows, dan juga termasuk Linux.

Sekian artikel kali ini tentang Apa itu Aplikasi Signal dan Kelebihannya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengucapan kata maupun penyampaian materi, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih!

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version