Cara Membuat Video Simulasi dari 1 (satu) Gambar

  • Share

Halo teman – teman sekalian,
Kali ini saya akan berbagi tentang suatu video yang akhir akhir ini sedang hot banget, yaitu sebuah video yang menunjukkan bahwa kita bisa membuat video dari orang hanya dengan menggunakan 1 gambar saja, dan videonya pun terlihat sangat nyata. (Namun sampai sekarang, saya sudah tidak menemukannya lagi , mungkin yang ada link video-nya silahkan komen dibawah )

Mungkin bagi yang belum mempunyai gambarannya seperti apa , berikut ini salah satu link video yang saya temukan di channel Youtube ‘theflinx’ dengan nama video yaitu ‘Deep Nostalgia’ yang diupload pada tanggal ‘2 Mar 2021’ dengan jumlah view ‘61.748’

Seperti yang bisa kita lihat diatas, dengan menggunakan tool tersebut, kita dapat mendapatkan video yang bergerak dari gambar yang diam ( walaupun kadang terjadi beberapa error ) namun tetap, video tersebut lebih baik untuk memberikan gambaran / simulasi daripada gambar yang diam. Hasil akhir dari video terseubt adalah sebuah video singkat, yang berkualitas tinggi, dimana orang yang berada di dalam video tersebut dapat berkedip, bergerak dan senyum.

Lalu, bagaimana cara agar kita juga dapat membuat video tersebut ? Yuk , kita lihat !

  1. Kunjungi link Deep Nostalgia on myheritage.com.

    Tampilan Halaman Depan Website MyHeritage.com
  2. Silahkan Upload Foto yang anda ingin jadikan menjadi sebuah video. Apabila anda sebelumnya belum Log In atau Masuk ke dalam sistem atau anda belum mempunyai akun, maka halaman berikut ini akan muncul.

    Form Sign Up dan Login Website MyHeritage.com
  3. Setelah anda berhasil login ke dalam sistem, maka sistem akan langsung mendeteksi wajah dari gambarnya dan langsung akan memproses video nya.

    File Website MyHeritage.com
  4. Setelah video anda telah berhasil diproses oleh sistem, maka anda dapat menekan tombol ‘Download Video’ yang berada di samping / bagian kiri layar, lalu silahkan tunggu beberapa saat sampai video tersebut terdownload.
    Berikut ini saya berikan contoh dari gambar yang saya gunakan dalam penggunaan MyHeritage Deep Nostalgia.

Contoh dari Video yang berhasil diproses oleh website MyHeritage Deep Nostalgia.

Apabila mendaftar , maka anda akan langsung mendapatkan gratis 5 pembuatan video dari foto. Namun apabila anda ingin membuat video lebih dari itu maka silahkan berlangganan hanya dengan harga $16.58‎ per bulan atau setara Rp245.000,00 – pada saat waktu penulisan – dengan berlangganan ini anda dapat membuat video yang tidak terbatas dan video tanpa watermark.

Lantas , bagimana cara kerja sistem tersebut sehingga dapat membuat suatu video dari suatu gambar ?

Sebelum video diproses, gambar terlebih dahulu di upscale sampai ke resolusi yang diinginkan. Hal ini sangat penting, apalagi jika gambar yang anda upload memiliki resolusi yang sangat rendah, dengan cara ini, anda dapat memiliki video dari gambar yang optimal ( yang telah di up-scale ). Di proses ini juga, gambar anda noise-nya akan dikurangi apabila ada.

Lalu, dengan menggunakan Face Recognition ( Pengenalan Wajah) , maka sistem tersebut akan mendapatkan posisi mata, hidung, mulut, rambut, dan lain lain. Lalu sistem tersebut akan, memasukkan data tersebut ke dalam data motion yang sebelumnya telah direkam. Dan beberapa hal yang sangat vital lainnya, yang harus disimulasikan oleh program itu sendiri seperti mensimulasikan gigi apabila tidak ada objek yang dibutuhkan pada gambar yang sebelumnya telah kita upload

Dan jadilah videonya , cukup mudah bukan ? Ya pastilah, karna hanya pakai kata – kata doang

Beberapa Trivia :

  • DeepNostalgia hanyalah salah satu dari beberapa fitur yang disediakan oleh situs My Heritage, beberapa fitur yang disediakan oleh MyHeritage salah satunya adalah MyHeritage Photo Enchancer untuk meng-enhance gambar (upscale dan noise reduction) dan MyHeritage In Color yang dapat mewarnai gambar hitam putih
  • DeepNostalgia menggunakan data motion capture yang diambil dari manusia asli yaitu para karyawannya sendiri
  • Perusahaan MyHeritage bekerja sama dengan perusahaan Israel , D-ID sebagai penyedia AI Face Platform yang digunakan oleh website My Heritage
  • My Heritage juga tersedia di Android Play Store dan di App Store sehingga anda tidak perlu membuka websitenya lagi

Sekian saja dari saya, terimakasih sudah membaca !

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version