Ethical Hacking

  • Share

Yoss, kali ini gue akan membahas yang berkaitan dengan hacking yaitu ethical hacking, apasih itu etichal hacking ? langsung saja kita bahas

Ethical hacking adalah praktik legal yang bertujuan melewati keamanan sistem untuk mengidentifikasi potensi terjadinya pelanggaran dan ancaman data dalam jaringan. Perusahaan yang memiliki sistem atau jaringan memungkinkan para ahli Cyber Security untuk melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan menguji system pertahanan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan demikian, praktik ethical hacking yang dilakukan oleh perusahaan tersebut tidak memiliki motif kejahatan karena proses ini direncanakan, disetujui, dan yang lebih penting adalah bersifat legal.

Sedangkan, ethical hacker bertujuan untuk menyelidiki sistem atau jaringan untuk menemukan titik lemah yang dapat dieksploitasi atau dihancurkan oleh para hacker yang jahat. Mereka mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk mencari cara untuk memperkuat keamanan sistem / jaringan / aplikasi. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan jejak keamanan sehingga dapat lebih tahan terhadap serangan atau bahkan mengalihkan serangan tersebut.

Ethical hacker bertugas untuk memeriksa kerentanan utamanya, tetapi tidak terbatas Contohnya :

  • Serangan injeksi
  • Melakukan perubahan dalam setting keamanan
  • Memaparkan data sensitive
  • Melakukan pelanggaran dalam protokol otentikasi
  • Komponen yang digunakan dalam sistem atau jaringan yang dapat digunakan sebagai titik akses

Nahh, setelah pembahasan apa itu ethical hacking, sekarang kita akan bahas mengenai Main Skill dalam ethical hacking ” Ethical Hacking Main Skill

Ethical Hacking Main Skill harus memiliki pengetahuan mendalam tentang semua yang berhubungan dengan sistem, jaringan, kode program, langkah-langkah keamanan, dan lain-lain. Untuk melakukan peretasan secara efisien. Berikut keterampilan yang harus dimiliki seorang hacker yaitu :

  • Pengetahuan tentang pemrograman – Diperlukan bagi para profesional keamanan yang bekerja di bidang keamanan. Seperti anda haru mengetahui beberapa bahasa pemrograman untuk melakukan hacking yang nantinya dibutuhkan untuk membuat suatu tools yang diperlukan.
  • Pengetahuan tentang skrip – Ini diperlukan untuk profesional yang menangani serangan berbasis jaringan dan serangan berbasis host.
  • Keterampilan jaringan – Keterampilan ini sangat penting karena sebagian besar ancaman berasal dari jaringan. Kita harus tahu tentang semua perangkat yang ada dalam jaringan, bagaimana mereka terhubung, dan bagaimana mengidentifikasi apakah perangkat tersebut dikompromikan.
  • Pemahaman database – Serangan sebagian besar ditargetkan pada database. Pengetahuan tentang sistem manajemen database seperti SQL akan membantu kita untuk secara efektif memeriksa operasi yang dilakukan dalam database.
  • Pengetahuan OS – tentang beberapa platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.
  • Pengetahuan Tools – Kemampuan untuk bekerja dengan berbagai alat peretasan yang tersedia saat ini.

Nah skill dalam melakukan hacking dapat dibilang adalah suatu hal yang sangat penting, kalau sudah paham mengenai skillnya, sekarang kita akan membahas mengenai ” Tanggung jawab etichal hacking

Ethical hacking Responsible atau bisa disebut “Tanggung jawab dalam melakukan hacking menggunakan etika tertentu” harus mengikuti pedoman tertentu untuk melakukan praktik peretasan secara legal. Seorang hacker yang baik mengetahui tanggung jawabnya dan mematuhi semua etika pedoman. Berikut ini adalah aturan terpenting buat kalian dari peretasan ethical hacking ya :

  • Ethical hacking harus meminta otorisasi dari organisasi yang memiliki sistem. Peretas harus mendapatkan persetujuan lengkap sebelum melakukan penilaian keamanan apa pun pada sistem atau jaringan.
  • Tentukan ruang lingkup penilaian organisasi dan ketahui rencana mereka ke organisasi.
  • Laporkan setiap pelanggaran keamanan dan kerentanan yang ditemukan dalam sistem atau jaringan.
  • Jaga kerahasiaan penemuan. Karena tujuannya adalah untuk mengamankan sistem atau jaringan dan yang melakukannya harus setuju dan menghormati perjanjian non-disclosure yang telah disepakati.
  • Hapus semua jejak peretasan setelah memeriksa sistem untuk kerentanan apa pun. Hal ini mencegah peretas jahat untuk memasuki sistem melalui celah yang telah diidentifikasi.

Nah, sudah paham kan ? buat kalian hacker” yang masih keliru dengan etika” yang benar, yuk menjadi hacker yang bertindak sesuai etika dan pedoman yang benar, yoss – buat kalian yang masih belum paham, bisa langsung tanya di kolom komentar, see you

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version