pengertian dns server

  • Share

DNS server ditemukan oleh Dr. Paul Mockapetris, singkatan  dari dns server adalah Domain Name System…dan dns server ialah system menyimpan ingfo name domain atw name host di dalam data base [distributed database] di jaringan komputer menggunakan IP/TCP 

 

fungsi DNS adalah untuk memper mudahkan orang-orang mengakses ke website yang ingin di kunjungi

awalnya dulu orang2 menggunakan IP  sebuah website untuk mengakses web tersebut,dan sekarang  anda tidak perlu mengetik IP address sebuah website untuk mengunjungi web tersebut.hanya  perlu mengetik nama dan domain dari website yang ingin di tuju

 

69.63.176.13 jadi ini adalah IP website Facebook.com ,sebelum dns di di temukan orang-orang menggunkan ip (69.63.176.13) untuk mengakses web facebook ,,jadi ngetik di google tuh pake angka bukan pake huruf..ribet bukan? dan untung saja dns di temukan yang dimana website menggunakan domain seperti .com ,co.id,co.uk dll 

 

 

 

inilah cara kerja dns server

Setelah recursive melakukan searching, baru author DNS server ditemukan sebagai pihak pemberi respond. Respond yang dimaksudkan adalah bisa berupa delegasi atau jawaban ke DNS server yang lain. Jadi gampangnya gini, sistem resolver  bakal menghubungkan jaringan komputer user dengan server DNS.

DNS resolver bakal searching alamat host kepada file hosts. jika sudah ditemukan maka data akan dikasi pada klien melewati website browser sehingga prosess langsung selesai. Selain melakukan searching kepada file hosts, DNS resolver juga melakukan searching kepada data cache di karena kan alamat IP address yang pernah di search sebelumnya akan di save kdalam cache DNS.

Jadi saat kamu mengunjungi website yang sama, DNS resolver akan meng searching dalam data cache lalu memberikan hasilnya kepada website browser kamu sehingga prosess langsung selesai. DNS juga melakukan  searching di alamat server DNS yang prtma saat tidak  dapat temukan data di cache atau file hosts. dan Apabila sudah menggunakan cara di atas itu, tapi nama domain web  tidak juga ditemukan  oleh server DNS maka searching selanjutnya dengan cara melakukan pencarian pada file di database server lainnya.

Jika tidak ditemukan juga maka pencarian selanjutnya dengan menghubungi server DNS lain yang masih berhubungan. Jadi intinya DNS resolver akan melakukan pencarian dahulu pada cache dan file host, nanti jika tidak ditemukan baru melakukan pencarian di database DNS server. Apabila tidak ditemukan juga maka pencarian akan berpindah ke DNS server kedua, ketiga, dan seterusnya hingga ditemukan.

Setelah ditemukan, data akan langsung diberikan pada klien melalui tampilan web browser. Nah, ketika Anda tidak bisa mengakses website yang berhubungan dengan DNS hal tersebut kemungkinan besar karena DNS tidak mampu menemukan alamat IP dari website yang sedang kamu akses.

 

 

ragam jenis dns

Sekarang kami akan melanjutkan bahas tentang ragam jenis DNS karena ada beberapa jenis DNS. 

  1. A recordJenis yang 1 yaitu a record. Jenis ini meta  hostname kedalam  IP atau IP address 32-bit yang sering kamu  ketahui ,kodenya  IPv4.
  1. AAAA recort jenid AAAA record meta hostname ke alamat IP 128-bit atau kamu bisa menyebutnya  IPv6.
  1. MX recort Untuk jenis MX record, adalaha jenis DNS yang meta domain ke mail exchange server.
  1. CNAME recort Ada CNAME record yang  membuatkan nama lain ataw nama  dari  domain.
  1. NS Record jrnid NS Record, meta domain  yg dilakukan ke sebuah s daftar yang ada di dlam DNS Server.

Pengertian tentang  apa itu DNS  tidak terlepas dari ragam jenis DNS yang di atas. Pengaturan DNS yang di atas pun bisa kamu temukan di sebuah  control panel domain. Ataw bisa  diatur dari hosting (control panel)

done! Sekarang, kamu udah tahu tentang DNS (Domain Name System), dan cara kerja DNS, juga jenis2-jenis  DNS domain. Dengan mengetahui kan  pengertian dari fungsi DNS(domain system name ) dan juga  beserta  pengaturannya, ksmu pun  sudah bisa melakukan perubahan ke pada setingan pengaturan control panel(hosting) Hostinger  dengan sesuai kebutuhan heheheheeheh sekian,..sudah paham bukan? oke next ketemu lagi kita gaes  :k

 

 

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version