Nmap Introduce

  • Share

Helo guys, berjuma pada pembahasan pertama kali ini, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit tentang apa itu NMAP, dan apasih kegunaannya dalam dunia teknologi, udah penasaran ? Yuk kita simak penjelasan berikut ini :

Nmap ( Network Mapper ) adalah sebuah aplikasi / tool yang berfungsi untuk melakukan port scanning, dan bukan itu saja, Nmap juga berperan penting untuk melakukan audit terhadap jaringan yang ada. Tool ini dibuat oleh seorang yang bernama Gordon Lyon atau yang biasa dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich.

Dengan menggunakan tool ini, kita bisa mecari tau dan melihat mengenai host yang aktif, port yang terbuka, sistem operasi yang digunakan dan yang lainnya. Pada awal mula pengembangannya, nmap hanya bisa digunakan pada sistem operasi linux, namun sejalan dengan perkembangan zaman, Nmap sudah bisa diakses melalui berbagai sistem operasi.

Menurut saya, di internet sekarang kita bisa mendapatkan banyak tool untuk melakukan scanning port, namun hingga saat ini, tidak ada satupun dari tool-tool tersebut yang dapat menawarkan fitur-fitur yang menarik dan secanggih Nmap.

Salah satu fitur yang membuat Nmap sangat terkenal adalah fiturnya yang bernama NSE ( Nmap Scripting Engine, kenapa NSE ? karena pada fitur ini pengguna Nmap dapat menulis script-nya sendiri untuk melakukan scanning sesuai dengan keinginannya, Nah untuk cara penggunaan script tersebut, kita akan bahas di pembahasan selanjutnya ya.

See you next time

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments