Nmap PingScan Protokol-Ip

  • Share

Halo guys, berjumpa lagi dengan kami pada kesempatan kali ini, kami akan melanjutkan membahas mengenai Nmap, yaitu tentang scan protokol ip, nah untuk kalian yang penasaran, yuk langsung simak penjelasan dibawah ini

Teknik ping ini akan mencoba mengirim paket dengan menggunakan protokol IP yang berbeda-beda, dengan tujuan untuk mendapat respon dari host target yang kemudian menandakan bahwa sebuah host tersebut sedang online. Protokol ip yang dimaksud disini adalah berupa [ IP-IN-IP ] & [ ICMP ] & [ IGMP ]. Ketiga paket ini akan dikirimkan kepada host target, dan jika salah satu dari paket tersebut ada respons, berarti menandakan host tersebut sedang online.

Untuk menjalankan teknik pingscan ini di nmap, nmap membutuhkan akses root ( sudo ), jika tidak, perintah ini akan gagal, nah langsung saja sekarang kita coba menggunakan nmap. Commandnya, kalian bisa ikuti command dibawah ini :

anonre@kali:~$ apt update && apt upgrade
anonre@kali:~$ sudo nmap -Pn -sP -PO 192.168.1.255 // ganti ip-addr dengan target kalian

nah jika sudah melakukan command diatas, kalian tinggal tunggu hasilnya sampai nmap selesai scan, untuk contoh hasil nmap yang sudah selesai scan, kalian bisa lihat dibawah ini :

Penjelasan :

Secara default, teknk ping scan ini mengirimkan paket IGMP, IP-IN-IP, dan ICMP untuk mencoba mendapatkan respon dari host target yang kemudian menandakan bahwa host tersebut sedang aktif.

Setelah melakukan command diatas, kita bisa melihat lebih detail mengenai host tersebut dengan menambahkan argument –packet-trace, kalian bisa lihat contohnya hasilnya dibawah ini :

Pada hasil diatas, Nmap akan mengirimkan 3 paket, IGMP, IP-IN-IP, ICMP. Dari ketiga paket yang dikirimkan, ip-addr 192.168.1.4 mengirimkan respon berupa IOD.

Nah, pada contoh sebelumnya diatas tadi, sebenarnya terdapat paket lagi yang dapat dikirimkan. Dengan menggunakan Pingscan, kita juga bisa menentukan paket apa yang ingin kita kirim, kalian bisa lihat lebih dahulu tabel dibawah ini :

1 = ICMP
2 = IGMP
4 = IP-in-IP
6 = TCP
17 = UDP
132 = SCTP

nah tabel diatas ini, bisa kita jadikan patokan, jika kita ingin meng costum paket yang ingin kita kirim ke host target, contoh commandnya :

anonre@kali:~$ sudo nmap -Pn -sP “-PO1” 192.168.1.4 –packet-trace

Penjelasan :

kita bisa lihat command diatas, kita perhatikan di bagian yang diberi tanda ( “” ), disitu terdapat command -PO1, yang dimana menunjukan bahwa 1 adalah nomor dari protokol ICMP, berarti command diatas hanya ingin mengirim ICMP kepada target.

Jika ingin mengirim paket yang lain, kalian tinggal ganti angka ” 1 ” tersebut dengan nomor dari masing” protokol, misalkan -PO17 ( UDP ) -PO6 ( TCP ) dan seterusnya.

Sampai disini mudah bukan ? Yos, sekarang waktunya kami pamit, jangan lupa ikuti terus update an kami, semoga bermanfaat.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version