Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, Beserta Contohnya

  • Share

Hardware adalah salah satu bagian dari komputer, tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian yang setiap hari berkeciumpung di dunia komputer.

Akan tetapi bagi mereka yang masih jarang bergaul dengan dunia komputer atau laptop, tentu masih kurang pengetahuan tentang hardware adalah piranti komputer yang bisa kalian lihat dan raba.

Bagi kalian yang mempunyai komputer atau laptop, tentu akan lebih mudah jika kalian memahami apa yang dimaksud hardware sebagai perangkat keras itu. Namun bukan hanya mengetahui soal pengertiannya saja, sebenarnya akan ada banyak informasi lainnya yang bisa kalian ketahui tentang hardware secara luas.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian hardware, fungsi, jenis, hingga contohnya dari berbagai sumber.

Apa itu hardware

Hardware adalah semua jenis komponen yang terdapat pada komputer atau laptop, dimana bagian fisiknya dapat terlihat secara kasat mata dan juga dapat dirasakan secara langsung. Jadi dapat dikatakan bahwa hardware merupakan peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, proses, dan output.

Seperti CPU, RAM, mouse, keyboard, scanner, monitor, dan sebagainya. Selain itu, hardware bekerja sebagai bentuk output dari setiap proses sistem operasi sebuah komputer itu sendiri. Akan tetapi untuk mendukung kerja dari perangkat tersebut tetap diperlukan yang namanya software atau perangkat lunak tertentu. Dengan begitu, setiap perintah yang diharapkan dapat beroperasi dengan baik.

Fungsi hardware secara umum
Pengertian hardware diatas akan membuka pemikiran kita tentang hardware, yaitu komponen dalam komputer yang bisa dilihat secara kasat mata dan memiliki fungsi tertentu. Setiap hardware memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun untuk fungsi utamanya adalah untuk menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kinerja komputer, serta mengolah informasi / data yang berada di dalam ataupun di luar komputer. Berikut ini merupakan beberapa fungsi hardware secara umum.

1. Mengolah Data atau informasi

Hardware tertentu mempunyai fungsi untuk mengolah data atau informasi oleh user, yang selanjutnya akan diproses menjadi informasi baru. Untuk mengolah data dan menjalankan proses pada sebuah sistem komputer.

2. Menerima Output

Terdapat beberapa hardware yang dirancang mempunyai fungsi khusus dalam menerima input dari user. Dengan begitu, nantinya hardware tersebut akan memprosesnya menjadi informasi yang baru. Dalam hal ini, data yang diterima dari input kemudan dapat di transfer pada output.

3. Memberi Output

Apabila sudah diproses menjadi informasi baru, hardware selanjutnya memberikan output lagi kepada user. Seluruh output tersebut dapat dilihat oleh pengguna yang ditampilkan lewat hardware khusus. Mekanisme inilah yang membuat saling mempengaruhi antar output dan input.

4. Menyimpan informasi maupun data

Dari sini, seluruh output yang telah dihasilkan oleh komputer bisa kalian simpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan ini bisa dilakukan bukan hanya pada perangkat yang terpasang di dalam komputer, akan tetapi juga perangkat yang dipasang dari luar.

Jenis-jenis hardware beserta contohnya

Setelah belajar mengetahui fungsi dari hardware, bahwa untuk menerima output ataupun input yang diberikan oleh user. Berikut ini terdapat beberapa jenis hardware yang dibedakan menurut fungsi atau kegunaan dan juga beserta contohnya.

1. Input Device (Perangkat Input atau masukan)

Hardware yang berjenis seperti ini, digunakan untuk memasukkan informasi maupun data baik itu dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan yang lainnya ke dalam sebuah komputer. Disini terdapat beberapa contoh hardware tersebut yaitu Mouse, Keyboard, dan Scanner.

2. Process Device (Perangkat proses)

Jenis perangkat keras yang satu ini, dapat digunakan dalam mengolah data sekaligus untuk menjalankan proses yang terdapat pada sistem komputer. Contoh process device tersebut yaitu seperti CPU, VGA, RAM, dan sebagainya.

3. Output Device (Perangkat output atau keluaran)

Hardware jenis ini, berguna untuk menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang telah user lakukan. Data atau infromasi tersebut berasal dari hardware input yang telah melewati hardware process. Contohnya seperti monitor, proyektor, dan hingga printer.

4. Storage Device (Perangkat untuk menyimpan)

Jenis hardware menurut fungsi yang selanjutnya adalah storage device atau yang lebih dikenal sebagai perangkat penyimpanan. Storage device adalah salah satu jenis hardware yang berfungsi menyimpan data-data di komputer. Contohnya seperti hard disk, flash disk, dan juga optical disk.

5. Periferal (Perangkat tambahan)

Perangkat tambahan berguna untuk hal membantu komputer menjalankan perintah user. Perangkat ini biasanya disebut dengan istilah periferal yang berguna dalam menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet. Salah satu contohnya yaitu modem. Modem disini bisa kalian gunakan sebagai alat komunikasi untuk digunakan dalam mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version