Cara menghubungkan Domain ke Hosting melalui Cloudflare

cara menghubungkan domain ke hosting melalui cloudflare

1. Login ke CloudFlare

Silahkan login ke www.cloudflare.com masukkan email dan password. Di sana nanti akan ada banyak menu yang bisa anda pilih. Jika belum memiliki akun di CloudFlare, silahkan mendaftar terlebih dahulu dengan klik Sign Up.

2. Menambahkan Domain

Agar CloudFlare dapat terhubung dan bekerja dengan baik, pastikan kamu telah menambahkan domain terlebih dahulu. Adapun cara menambahkan domain yaitu silakan klik Add Site kemudian tuliskan nama domain. Setelah selesai memasukkan nama domain, silahkan klik Add Site.

Kemudian, akan muncul tulisan We’re querying your DNS records. Itu tandanya CloudFlare sedang mencari DNS record milik website kamu. Silakan klik Next saja untuk melangkah ke step selanjutnya.

3. Memilh Paket CloudFlare

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke Paket CloudFlare yang akan digunakan. Ada berbagai Paket CloudFlare gratis hingga berbayar. Untuk memilih Paket CloudFlare gratis, silakan pilih Paket Free. Lalu klik Confirm Plan.

Setelah itu klik Confirm.

Maka akan muncul beberapa DNS milik website kamu. Silakan scroll ke bawah dan klik Continue.

4. Mendapatkan Nameservers CloudFlare

Agar domain dapat terhubung ke CloudFlare, maka harus diarahkan ke nameservers milik CloudFlare. Apakah ini berbahaya? Justru tidak! CloudFlare akan menjadi pertahanan pertama dalam melindungi website kamu. Silakan copy 2 nameservers milik CloudFlare tersebut. Jika sudah, silahkan klik Continue untuk mengarahkan ke halaman dashboard.

Catatan: Setiap customer dapat memiliki nameserver CloudFlare yang berbeda- beda. Untuk itu, pastikan nameservers sesuai dengan yang ada dashboard CloudFlare!

5. Verifikasi Nameservers di CloudFlare

Setelah kamu mengubah nameservers ke CloudFlare, maka saatnya sekarang verifikasi. Silahkan buka CloudFlare kamu lagi, masuk ke dashboard. Jika kamu menemui tampilan seperti ini, silahkan klik Recheck Nameservers untuk melakukan verifikasi. Tunggu hingga proses verifikasi selesai.

Jika tampilan sudah berubah seperti gambar dibawah ini, berstatus “Active” dan berwarna hijau, maka proses verifikasi berhasil. Itu artinya domain sudah mengarah ke nameservers milik CloudFlare.

6. Memastikan Setting DNS Record di CloudFlare

Oke, nameservers domain kamu sudah terhubung ke CloudFlare. Sekarang saatnya memastikan setting DNS record di CloudFlare sudah terhubung ke Hosting apa belum. Biasanya, CloudFlare akan secara otomatis melakukan pengecekan terhadap domain dan hosting.
Silakan cek A Record, apakah sudah diarahkan ke IP Hosting atau belum. Untuk mengetahui alamat IP Hosting, kamu bisa baca Cara Mengetahui IP Hosting. Jika berhasil diarahkan, maka pada status CloudFlare terdapat gambar awan berwarna orange.

Lalu, silakan cek CNAME Record. Jika berhasil diarahkan, maka pada status CloudFlare terdapat gambar awan berwarna orange.

Catatan: Jika kamu memiliki subdomain yang ingin diarahkan ke CloudFlare, silakan tambahkan record terlebih dahulu. Pilih CNAME, lalu tambahkan nama depan subdomain. Misalnya subdomain yang dimiliki yaitu blog(dot)websitesaya(dot)net. Tulis “blog” saja. Lalu tulis nama domain kemudian klik Add Record.

8. Sinkronisasi Hosting ke CloudFlare Berhasil!

Yeay! Proses sinkronisasi hosting dengan CloudFlare sudah berhasil! Kamu bisa menikmati beberapa fasilitas CloudFlare di VPS sekarang seperti pengelolaan cache, perlindungan dari ancaman DDOS dan SPAM, hidden IP Address, dan sebagainya. Untuk melakukan pengecekan apakah proses sinkronisasi domain, hosting ke CloudFlare telah berhasil, kamu bisa cek di https://intodns.com/ lalu tuliskan nama domain atau nama website. Jika nameservers sama seperti nameservers CloudFlare, itu berarti proses sinkronisasi telah berhasil.

Penggunaan SSL di CloudFlare

Jika kamu menggunakan Paket Free CloudFlare, biasanya akan langsung terintegrasi dengan SSL CloudFlare. Untuk melakukan pengecekan, silakan login CloudFlare lalu klik Home. Kemudian klik Menu Crypto lalu pada bagian SSL, silakan pilih Full. Pastikan pada bagian Universal SSL Status berwarna hijau dan bertuliskan Active Certificate. Jika domain telah terpasang SSL lainnya, maka akan tetap menggunakan SSL milik CloudFlare. Jika ingin menggunakan SSL dari vendor lain seperti Let’s Encrypt, Comodo, GeoTrust, Digicert ataupun GlobalSign, silakan gunakan Paket Business CloudFlare. Hal ini terjadi ketika kamu ingin pasang CloudFlare dan SSL secara bersamaan ya. Tenang saja! SSL milik CloudFlare sudah teruji.

Kesimpulan

Cara sinkronisasi hosting ke CloudFlare cukup mudah bukan? Kamu hanya perlu tambahkan domain sekaligus arahkan nameservers CloudFlare saja. Setelah berstatus “active” maka CloudFlare akan bekerja untuk melindungi website dan meningkatkan performa website.

wpDiscuz
Exit mobile version