Hal yang penting sebelum pasang iklan di Google

  • Share
Hal yang penting sebelum pasang iklan di Google
Hal yang penting sebelum pasang iklan di Google

Hal yang penting sebelum pasang iklan di Google – Lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia menggunakan mesin pencarian Google untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Hal ini dibuktikan dari data Global Stats Counter yang menunjukkan bahwa, di Google memiliki pangsa pasar pada mesin pencarian sebesar 96,84 persen, YANDEX RU sebesar 1,32 persen, Yahoo sebesar 1,07 persen, dan Bing sebesar 0,43 persen, DuckDuckGo sebesar 0,29 persen, dan Baidu sebesar 0,02 persen.

Berdasarkan fakta diatas menyadarkan para pebisnis, bahwa Google dapat menjadi salah satu media iklan yang efektif dan memiliki banyak manfaat untuk bisnis mereka. Google juga menyediakan tools yang bisa digunakan untuk beriklan dan biasa dikenal dengan istilah “Google Ads”.

Melalui Google Ads, kamu bisa menampilkan iklan di hasil pencarian Google menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu, serta menjadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak klien. Karena itu jasa iklan google sangat membantu sekali dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu fikirkan sebelum memasang iklan kalian agar lebih efektif

1. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama yang perlu kamu persiapkan untuk beriklan melalui Google Ads yaitu menentukan satu tujuan yang jelas. Hal ini sangat penting diperhatikan karena kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pebisnis yaitu mereka tidak mempunyai tujuan memasang iklan, dan akhirnya beranggapan bahwa iklan di Google tidak efektif dan membuang banyak biaya.

Tujuan iklan ini misalnya untuk mendapatkan lebih banyak panggilan telepon ke bisnis kamu, meningkatkan trafik website, atau mendorong orang untuk datang ke toko (lokasi fisik) bisnis kamu.

2. Tentukan Tempat Untuk Beriklan

Google Ads memungkinkan kamu untuk memilih lokasi tempat iklan akan ditampilkan, termasuk dalam radius tertentu dari toko kamu atau menjangkau keseluruhan kawasan dan negara (lokal maupun global).

Menentukan tempat untuk beriklan bertujuan untuk mendapatkan calon klien yang tepat agar iklan kamu memiliki performa yang bagus. Misalnya kamu menargetkan Indonesia sebagai tempat beriklan, untuk lebih detailnya kamu bisa menambahkan nama kota di Indonesia, seperti Jakarta, Pekanbaru, atau Bali.

3. Riset Kata Kunci (Keyword)

Menargetkan kata kunci (keyword) yang tepat untuk iklan kamu menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis kamu. Kamu harus melakukan riset untuk menemukan kata kunci yang tepat (sesuai dengan bisnis) kamu, serta kata kunci yang banyak digunakan oleh audiens.

Untuk meriset kata kunci, ada beberapa tools untuk riset keyword yang bisa membantu kamu seperti Google Keyword Planner, KWFinder, atau Google Suggest.

Mungkin sekarang kamu bingung, bagaimana cara menggunakan 3 tools tersebut? Kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai 3 cara mudah temukan kata kunci.

4. Tentukan Anggaran Biaya Kamu

Langkah terakhir yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat iklan melalui Google Ads adalah menentukan biaya google ads yang akan kamu keluarkan. Anggaran beriklan di Google Ads sangat fleksibel. Silakan ditentukan berdasarkan besarnya bisnis, ketersedian anggaran, ataupun profit kamu. Perlu diingat, semakin banyak budget, semakin banyak kunjungan, dan semakin besar pula peluang untuk jumlah penjualan.

Untuk menentukan anggaran biaya untuk bisnis kamu cukup mudah, tinggal tentukan budget yang akan kamu keluarkan dan waktu tayang iklan. Dan untuk anggaran biaya harian didapat dari jumlah budget dibagi dengan jumlah waktu tayang iklan. Misalnya menggunakan biaya sebesar Rp 3.000.000 untuk 30 hari iklan, maka anggaran biaya setiap harinya yaitu Rp 100.000.

Setelah mempersiapkan 4 hal diatas, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu buat iklan di website resmi Google Ads.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version