Cara Menggunakan Aplikasi Discord Untuk Pengguna baru

  • Share

Saat pandemi melanda dunia dan merampas kebebasan partisipasi pribadi dalam acara sosial, Discord hadir untuk menjadi penyelamat masalah ini. Discord memang dikenal sebagai aplikasi chat favorit para pemain PC, namun selain itu Discord juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mendengarkan lagu bersama dan mengobrol dengan banyak orang melalui grup chat.

Penggunanya bahkan dapat melakukan panggilan video grup hingga mencapai 10 orang melalui aplikasi Discord ini. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan aplikasi ini, berikut ini adalah panduan tentang cara menggunakan Discord.

1. Instal Discord

Panduan Menggunakan Discord untuk Pengguna Baru
Jika Anda ingin menggunakan Discord di ponsel Android atau iPhone, Anda dapat mengunduhnya langsung dari Google Play Store atau App Store. Untuk versi PC, Anda dapat mengunjungi discord.gg dan memilih salah satu versi “download” (untuk diinstal di Windows) atau versi yang langsung dibuka melalui browser.

Keduanya dapat bekerja dengan sangat baik, tetapi disarankan untuk menggunakan versi aplikasi khusus sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan banyak tab di Google Chrome. Selain itu, push to talk dan kemampuan untuk melakukan streaming video ke channel Anda juga tidak dapat dilakukan pada Discord versi browser.

Keduanya sama-sama dapat bekerja sangat baik, namun disarankan untuk menggunakan versi aplikasi terdedikasi sehingga kamu tidak perlu berhadapan dengan banyak tab di Google Chrome. Selain itu, push to talk dan kemampuan streaming video ke channel kamu juga tidak bisa dilakukan pada Discord versi browser.

2. Membuat akun

Langkah pertama sebelum menggunakan Discord adalah anda harus membuat akun Discord tersebut. Caranya yaitu sangat mudah, anda hanya perlu klik ‘Register’ di bawah ‘Login’ untuk membuat akun anda sendiri. Setelahnya, masukkan email dan anda akan disuruh memilih username serta password nya.

Jika sudah memasukan username and passeword ada captcha yang harus dilewati dan tak lama setelah itu, anda akan dibawa ke halaman utama Discord tersebut. Jika anda sudah memiliki akun dan aplikasi mobile-nya, anda bisa tinggal melakukan pemindaian kode QR untuk login dengan secara instan. Mendaftar via aplikasi mobile juga tidak ada bedanya.

3. Bergabung kedalam server

Ketika anda pertama kali membuat akun dan bergabung ke dalam Discord, hampir tidak ada yang bisa dilakukan. Dibutuhkan yaitu server atau grup dan apabila anda kenal dengan seseorang yang memiliki server, anda bisa memintanya untuk mengirimkan invitation link.

Anda juga bisa bergabung ke dalam berbagai server yang populer via ‘server browser’ yang bisa kalian temukan di bagian kiri layar dengan ikon kompas. Di situ anda bisa menemukan sebuah server terkenal dari berbagai macam kategori mulai dari yaitu gaming, musik, edukasi, sains dan teknologi hingga hiburan.

4. Membuat server sendiri

Selain bisa bergabung ke dalam server milik orang lain, anda juga bisa membuat server anda sendiri. Yaitu caranya, klik ikon yang berbentuk tambah atau “plus” di atas ikon untuk mencari server. Di dalamnya anda bisa memilih untuk membuat sebuah server kosong atau dengan beberapa kustomisasi untuk berbagai template seperti hal nya gaming, klub sekolah, grup belajar dan komunitas lokal.

Setelah itu, anda tinggal memasukkan nama server anda dan memilih sebuah gambar sebagai ikon (dibatasi di ukuran 128 x 128). Apabila kalian sudah membuatnya, anda bisa langsung mengundang teman terdekat untuk bergabung kedalam server anda atau membuat text channel dan voice channel.

Text Channel: sebuah saluran tempat anda berbincang via teks dengan penghuni server
Voice Channel: sebuab saluran tempat anda berbincang via suara. Anda juga bisa melakukan video call dengan melalui saluran ini

5. Menambah teman

Sama seperti kebanyakan aplikasi chat lainya. Aplikasi Discord juga mendukung kemampuan untuk menambah teman teman anda yang nantinya bisa untuk diajak mengobrol di luar server. Cara termudah nya untuk menambah teman menemukannya di server, lalu klik kanan di username-nya kemudian anda pilih “Add Friend”. Selain itu juga, anda juga bisa langsung mencarinya dengan lewat bar pencarian apabila anda tahu username teman kamu itu. Jika kalian sudah berteman, anda tinggal meng-klik nama mereka di daftar teman untuk melakukan sebuah obrolan, atau meminta panggilan suara atau bisa juga video.

6. Perintah Discord

Ada cukup banyak macam perintah yang bisa anda gunakan di dalam server Discord tetsebut. Beberapa di antaranya yaitu memberi akses cepat ke hal sederhana seperti menambahkan gif di tengah-tengah percakapan. Yang sering digunakan seperti:

@username: mention pengguna lain tertentu agar tahu pesan yang kamu kirimkan
@here atau @everyone: memberikan sebuah peringatan kesemua anggota server untuk memperhatikan
/giphy (kata kunci): untuk memasukkan gif ke text channel
/nick (nickname baru): untuk merubah sebuah nickname atau nama baru untuk server
/tableflip, /unflip, /shrug: menambah berbagai emoji kedalam obrolan tersebut
/spoiler: untuk mengirim pesan tersembunyi yang dengan peringatan di awal

7. Apa itu Discord Nitro

Discord yaitu pada dasarnya merupakan sebuah layanan atau aplikasi yang bisa untuk digunakan secara gratis. Tidak ada biaya sama sekali untuk menggunakannya atau membuat server sebanyak mungkin. Namun, jika anda menyukai apa yang Discord tawarkan dan ingin lebih, anda bisa untuk berlangganan Discord Nitro.

Nitro tersebut untuk meningkatkan keistimewaan Discord dengan akses penuh ke hal-hal seperti hal nya animasi emoji, dukungan untuk upload file dengan ukuran lebih besar, opsi streaming di kualitas lebih sangat tinggi dan masih banyak lagi. Nitro tersebut berbasis langganan dengan biaya US$9,99 (Rp144 ribu) per bulan nya atau US$99,99 (Rp1,4 juta) per tahun.

Itulah sobat tentang ulasan mengenai panduan cara menggunakan Aplikasi Discord untuk pengguna yang baru. Semoga informasi yang di atas sangat bermanfaat dan bisa membantu anda memahami Discord dengan lebih sangat mudah dan cepat.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version