Cara Menggunakan Dark Mode Di Gnome Desktop Linux Ubuntu

  • Share
Setting Gnome Linux

 

Dark mode / mode gelap merupakan pengaturan cahaya layar monitor dengan temperatur warna tertentu untuk membuat mata lebih nyaman saat menggunakan komputer di malam hari. Bagi pengguna sistem operasi komputer Linux dengan lingkungan desktop Gnome, dapat mengaktifkan fitur Night Mode melalui display settings Gnome.

Sebenarnya ada aplikasi khusus yang diperuntukan untuk mengatur temperatur warna layar monitor yaitu f.lux dan redshift. Kedua aplikasi ini banyak digunakan untuk mengatur temperatur warna layar monitor. Bagi pengguna distro Linux mungkin akan lebih suka menggunakan Redshift karena sudah tersedia di repository berbagai distro Linux Populer, seperti misalnya : Ubuntu, Debian dan Linux Mint.

Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut bila dalam lingkungan desktop yang anda gunakan belum terdapat pengaturan mode malam. Untuk tata cara penggunaan f.lux dan redshift sudah saya uraikan dalam artikel lain pada blog ini.


Cara Menggunakan Dark Mode Di Gnome Desktop Linux Ubuntu

Fitur night mode pada lingkungan desktop gnome baru tersedia setelah versi Gnome 3.24, pengguna distro linux Ubuntu 18.04 sudah dapat memakai fitur ini dimana, Ubuntu 18.04 LTS menggunakan Gnome Shell versi 3.28. Sementara bagi pengguna distribusi Linux Debian 9 (Stretch) stable version, belum dapat memakai fitur Night Mode karena, masih menggunakan Gnome Shell versi 3.22.

Cara menggunakan dark mode pada lingkungan desktop Gnome dapat Anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

 

  • Buka Pengaturan Display Gnome Desktop : Settings > Display atau Klik kanan pada Desktop Komputer lalu Pilih Display Settings.
  • Lihat pada pengaturan Night Light, silahkan atur pada posisi On/Off untuk mengaktifkan dan nonaktifkan Mode Malam pada lingkungan desktop Gnome.


Untuk mengatur Night Mode di Lingkungan Desktop Gnome pada distribusi Linux memang bukanlah hal yang sulit. Kita cukup klik pada tombol On/Off yang terdapat pada pengaturan Night Light Display Settings.

Pengaturan Dark Mode secara otomatis akan menyesuaikan dengan pergantian waktu Siang dan Malam. Jadi Mode Malam hanya akan aktif pada saat Malam Hari, hal ini ditandai dengan berubahnya Warna Pada Layar Monitor dan terdapat tanda Bulan Sabit pada Panel Gnome sebagai indikator bahwa Anda telah mengaktifkan Mode Malam.

 

Manfaat Menggunakan Dark Mode

Mungkin Anda belum mengetahui apa manfaat menggunakan dark mode saat Anda menggunakan komputer. Fitur Mode Malam atau Night Mode sudah banyak dijumpai pada berbagai perangkat komputer desktop maupun smartphone.

Produsen komputer dan smartphone memang terus meningkatkan teknologinya untuk membuat pengguna produk mereka lebih nyaman dan enak saat memakai produk tersebut. Salah satunya adalah dengan mengurangi resiko rusaknya retina mata akibat cahaya yang dipancarkan oleh layar monitor.

Panas cahaya yang dipancarkan oleh layar monitor dapat merusak mata dan membuat Anda cepat lelah saat berlama-lama menggunakan komputer. Dengan adanya fitur Night Mode ini harapannya Anda dapat lebih nyaman saat menggunakan komputer di malam hari atau dalam kondisi cahaya yang minim.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version