Tutorial Yang Bisa Dilakukan Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa cepat atau lambatnya sebuah koneksi internet atau wifi dipengaruhi oleh besar kecilnya Mbps atau Megabit per second.Semakin besar Mbps pada layanan paket internet anda, maka semakin cepat pula koneksi internet anda.Indonesia sendiri termasuk dalam negara dengan kecepatan internet rendah di dunia. Bahkan termasuk di antara yang paling rendah dan lambat.

Tutorial Yang Bisa Dilakukan Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Persiapan: Tes Kecepatan Internet

Sebelum anda memulai melakukan usaha untuk meningkatkan kecepatan internet milik anda.

Pastikan terlebih dahulu bahwa kecepatan internet milik anda saat ini memiliki kecepatan yang sama sesuai pilihan paket internet layanan provider anda.

Untuk mengetahui hal ini, anda perlu melakukan uji kecepatan internet milik anda terlebih dahulu.

Dan sebelum melakukan uji tes kecepatan internet, pastikan anda tidak melakukan aktifitas apapun pada internet anda seperti melakukan streaming atau download.

Tes Kecepatan Internet

Alat Uji Tes Kecepatan Internet

Silahkan cek di sini: Speedtest (Tes secara online), atau

Download di Playstore: Download Speedtest

Setelah melakukan uji tes kecepatan internet lihat hasilnya. Jika ternyata hasilnya sekali dari standar paket anda.

Anda bisa coba melakukan usaha lebih dahulu dengan mencoba matikan router kemudian coba hidupkan lagi.

Jika masih belum stabil, segera hubungi provider anda dan laporkan keluhan anda.

Baca Juga : Cara membuat virus melalui android 

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Setelah kecepatan internet anda stabil, anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini agar koneksi internet anda bisa lebih kencang dan maksimal.

1. Mempercepat Wifi

mempercepat wifi

Ada banyak alasan mengapa koneksi local network anda begitu lambat.

Salah satu alasan yang membuat internet tersebut melambat terkadang disebabkan oleh router wifi yang tidak terhubung dengan baik.

Cobalah untuk memperkuat sinyal wifi dengan mengoptimalkan power cycling router wifi anda. Caranya dengan menghubungkan ulang koneksi internet anda dengan mematikan router wifi.

Matikan tombol power pada router wifi. Tunggulah beberapa saat, setelah itu coba hidupkan kembali.

Biasanya, setelah anda melakukan hal tersebut kecepatan wifi akan kembali normal sesuai kecepatan Mbps dari paket yang anda pilih. 

2. Ganti Server DNS

Server DNS

DNS atau Domain Name System adalah standar teknologi internet yang menyimpan sebuah alamat IP pada internet, ia ibarat sebuah buku yang menyimpan data/alamat di internet.

Data IP suatu situs seperti anympedia.com , anympedia.my.id , onedetermination.com dan lainnya disimpan dalam DNS ini.

Apabila DNS milik anda lambat maka terdapat sebuah latency (delay) dalam mengakses sebuah situs.

Sehingga hal ini menyebabkan aktifitas internet anda seperti browsing, streaming, download, dsb menjadi lambat.

Dan DNS ini diatur secara otomatis oleh provider internet langganan anda. Dan sayangnya hal itu juga tidak memberi menjamin bahwa kecepatan internet tersebut adalah yang tercepat.

Oleh karena itu, jika koneksi internet milik anda lambat dan dirasa kurang cepat, anda bisa mencoba untuk mengganti DNS tersebut dengan DNS yang disediakan oleh Google.

DNS tersebut adalah: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4  atau dari Cloudflare: 1.1.1.1. Selain itu, lokasi yang anda tempati juga bisa mempengaruhi kecepatan DNS.

Baca Juga : Tutorial Install Ratusan Tools Hacking

3. Batasi Bandwidth

Bandwidth

Saat anda berlangganan internet pada provider, dalam memberikan akses dalam berinternet sebenarnya provider membatasi bandwidth device yang anda gunakan.

Untuk hal ini, anda harus mengatasi pemakaian bandwidth ini dengan cara membatasi penggunaannya.

Jika anda melakukannya secara manual, maka lakukanlah pada malam hari. Lakukan download dan juga update di malam hari di saat aktifitas internet sepi. Hal ini cukup berpengaruh untuk anda lakukan.

Anda bisa coba aktifkan Quality of Service (QoS) pada beberapa router yang berada di control panel router.

Dengan demikian, aktifitas seperti download yang coba dilakukan oleh orang lain hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja, misalnya pada malam hari.

4. Gunakan VPN

Mempercepat Internet dengan VPN

Cara untuk mempercepat koneksi internet selanjutnya bisa juga dengan menggunakan alat bantuan seperti VPN. VPN bisa membantu mempercepat koneksi internet anda saat terjadi misalnya throttling.

Throttling adalah di mana GPU telah mencapai batas maksimal penggunaannya kemudian secara otomatis ia akan menurunkan perfromanya untuk mengamankan perangkat keras yang juga terpengaruh.

Biasanya, throttling terjadi saat internet service provider menjadi lambat pada traffic tertentu. Misalnya pada saat melakukan download tertentu (torrent), atau mengakses domain/situs tertentu dari negara luar.

Dengan menggunakan VPN, berbagai masalah di atas dapat di atasi. Anda bisa mendapatkan VPN secara gratis di PlayStore untuk penggunaan android. Dan di Microsoft store dan sejenisnya untuk penggunaan VPN di PC.

Jika anda menggunakan VPN gratisan, biasanya juga cukup lambat. Gunakan VPN premium untuk mendapatkan kecepatan yang lebih maksimal.

Baca Juga : Cara mengakses Darkweb menggunakan Tor Browser

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Penyebab Internet Lambat

Selain beberapa hal di atas. Anda juga perlu mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan koneksi internet melambat.

Mungkin saja masalahnya bukan pada wifi. Melainkan pada faktor eksternal. Di antara beberapa hal yang bisa menjadikan koneksi jaringan internet melambat adalah hal-hal berikut ini:

1. Jaringan Terlalu Sibuk

Di antara salah satu sebab yang menjadikan koneksi internet lemot adalah banyaknya orang yang mengakses internet dalam waktu bersamaan.

Pada saat itulah, jaringan lalu lintas internet menjadi terbagi-bagi. Sehingga koneksi pun menjadi lambat. Sebagaimana jalan raya ketika banyak pengguna, dapat menjadikannya macet.

Banyaknya pengguna internet tersebut juga serupa dengan jaringan wifi yang terlalu banyak tersambung dengan perangkat. Bisa menjadikannya lambat dan lemot. Solusinya tidak ada lain selain menunggu lalu lintas sepi.

2.Terganggu dengan Aplikasi

Hal lain yang dapat mengganggu kelancaran koneksi internet adalah karena terganggu dengan aplikasi.

Banyaknya aplikasi yang anda install dan aktif dalam waktu bersamaan juga dapat menyebabkan koneksi internet anda lemot.

Solusinya adalah uninstall aplikasi yang tidak anda gunakan. Atau jika memang aplikasi tersebut masih anda pakai namun jarang digunakan, anda bisa hanya dengan menon aktifkannya saja.

Aplikasi yang masih kita pakai namun jarang digunakan misalnya aplikasi tiket seperti traveloka, tiket.com, booking, agoda, dsb.

Dan juga aplikasi belanja online/marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dsb.

Untuk menonaktifkannya, anda bisa mengaturnya melalui pengaturan ponsel => jaringan => kemudian pilih aplikasi yang jarang digunakan kemudian non aktifkan sambungan.

Anda bisa mengaktifkannya kembali jika nanti akan digunakan.

Baca Juga : Cara Mengakses XAMPP DI Android

3. Cuaca Buruk

Penyebab yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Ya, salah satu penyebab yang mengganggu kecepatan internet adalah cuaca buruk.

Cuaca buruk seperti hujan disertai angin kencang, petir menyambar, dsb adalah penyebab utama koneksi internet lambat.

Koneksi internet menjadi lambat karena buruknya cuaca tersebut mengganggu kestabilan jaringan sinyal yang ada.

Apalagi jika listrik juga mati, langsung deh sinyal juga ikut-ikutan hilang. Entah bagaimana sambungannya antara listrik dengan sinyal telekomunikasi ini.

4. Berada di Area Tertutup

Berada di area tertutup juga dapat menghalangi sinyal internet sehingga membuatnya lambat, atau bahkan tidak tersambung. Jelas yang ini adalah faktor eksternal di luar provider penyedia layanan.

Area tertutup yang terhalang dari sinyal internet ini biasanya tempat area parkir, kamar hotel yang jauh dari router wifi, dan area-area lainnya yang memiliki tembok atau pagar tebal. Sehingga sinyal internet tidak bisa menembusnya.

Baca Juga : Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop

5. Pengguna Melebihi Batas Kapasitas Wifi

Serupa dengan jaringan internet yang terlalu sibuk di atas. Wifi pun demikian. Setiap paket memiliki batasan tertentu untuk tersambung dengan perangkat.

Jika kapasitas standar wifi anda adalah hanya untuk 3 sampai 5 perangkat saja, namun digunakan oleh 6 sampai 8 perangkat, jelas koneksi akan menjadi lambat.

Solusinya adalah putus koneksi perangkat yang tidak anda inginkan. Atau bisa juga dengan mengganti password sehingga mereka yang masuk jaringan tanpa ijin akan log out dari wifi anda secara otomatis.

6. Jaringan Sinyal Provider yang Terlalu Jauh

Penyebab lain yang mengakibatkan jaringan internet terganggu adalah jarak perangkat dengan jaringan sinyal yang terlalu jauh. Sehingga perangkat ataupun sinyal sangat sulit untuk dijangkau.

Hal ini biasanya terjadi ketika anda berada di hutan, gunung, atau bukit. Jika demikian, tidak ada sesuatu yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan sinyal kembali.

Alternatif untuk komunikasi anda bisa menggunakan HT yang tidak terikat dengan sinyal provider layanan telekomunikasi di Indonesia.

HT memiliki jaringan sinyal sendiri dan bisa digunakan dengan jarak tertentu bahkan sampai hitungan KM.

Namun setiap HT juga memiliki standar kapasitas yang berbeda tergantung harga dan kelasnya.