Berita  

Cabang Esports yang Hadir di SEA Games 2023

Cabang Esports yang Hadir di SEA Games 2023

SEA Games 2023 di Kamboja akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 17 Mei 2023 dan akan mempertandingkan 37 cabang olahraga termasuk esports. Esports atau olahraga elektronik merupakan bentuk olahraga yang semakin populer dan diakui sebagai bentuk olahraga yang sah.

Dalam SEA Games ke-32 ini, ada enam game esports yang akan dipertandingkan, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, League of Legends: Wild Rift, Crossfire, Attack Online 2, dan Valorant. Setiap game memiliki atlet-atlet yang telah dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang SEA Games.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Cabang Esports di SEA Games 2023, dari Game Mobile hingga PC potret game Mobile Legends

Pertandingan Mobile Legends: Bang Bang akan dimulai pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2023. Timnas MLBB Indonesia akan bertempur untuk meraih medali emas. Pada SEA Games ke-31, Filipina menjadi lawan terberat Indonesia dan berhasil meraih banyak medali. Indonesia akan berusaha untuk bersaing dan memenangkan pertandingan tersebut.

Pada Sea Games 2023 kali ini Indonesia mengirimkan tujuh pemain yang diambil dari tim ONIC, RRQ, dan EVOS. Khusus roster laki-laki, mereka adalah Alberttt (Jungler), Branz (Goldlaner), Sanz (Midlaner), Saykots (EXP Laner), Vynnn (Roamer), Kiboy (Roamer), dan Dreams (Roamer).

2. PUBG Mobile

Cabang Esports di SEA Games 2023, dari Game Mobile hingga PC potret game PUBG Mobile

Selanjutnya game battle royale populer, PUBG Mobile, juga akan dipertandingkan di SEA Games 2023. Indonesia mengirimkan dua tim esports yang cukup disegani di Asia Tenggara, masing masing diambil dari Persija EVOS, Alter Ego Ares, Bigetron Red Villains, dan masih banyak lagi. Pada SEA Games ke-31, Timnas PUBG Mobile Indonesia berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perak. Harapannya, Indonesia bisa meraih prestasi yang lebih baik pada SEA Games 2023.

3. League of Legends: Wild Rift

Cabang Esports di SEA Games 2023, dari Game Mobile hingga PC potret game League of Legends: Wild Rift

League of Legends: Wild Rift adalah salah satu game MOBA layaknya Mobile Legends: Bang-Bang dan sangat populer di Asia Tenggara ataupun dunia. Meskipun pada SEA Games ke-31, Timnas esports League of Legends Indonesia tidak mampu menyumbang medali apa pun, diharapkan pada SEA Games 2023, mereka bisa lebih berkembang dan meraih prestasi yang lebih baik.

League of Legends memiliki dua versi, yaitu mobile dan PC. Namun, yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023 kali ini adalah versi mobile.

4. Crossfire

Cabang Esports di SEA Games 2023, dari Game Mobile hingga PC ilustrasi game Crossfire

Beralih ke game PC, Crossfire adalah salah satu game FPS terpopuler di Asia. Karena popularitasnya, Crossfire akan dipertandingkan di SEA Games ke-32. Timnas Crossfire Indonesia memiliki pelatih dan roster yang kuat dan diharapkan bisa menyumbang medali untuk Indonesia.

Berikut adalah daftar pelatih dan roster timnas crossfire Indonesia :

Pelatih

  • Andrew Joseph (Coach)
  • Derry Alviano (Assistant Coach)
  • Christian Indra Sudarsana (Assistant Coach)

Pemain

  • Kautsar Faruqurrohman Ekatama
  • Ivan Supardi
  • Samuel Santosa
  • Muhammad Adrian Setiawan
  • Jason Adrian
  • Riddho Putra Muharam

5. Attack Online 2

Cabang Esports di SEA Games 2023, dari Game Mobile hingga PCilustrasi game Attack Online 2

Attack Online 2 adalah game PC kedua yang ditandingkan di SEA Games 2023. Ini adalah game tembak-tembakan yang sangat populer di Asia Tenggara, namun sayangnya Indonesia tidak mengirimkan atlet untuk game ini. Hal tersebut dikarenakan game ini juga tidak terlalu populer di Indonesia. Nantinya, Attack Online 2 akan dimainkan dengan dua kategori, yaitu solo dan team.

6. Valorant

Cabang Esports di SEA Games 2023, dari Game Mobile hingga PC ilustrasi game Valorant

Terakhir, Valorant adalah game PC terpopuler saat ini. Game ini sangat digemari karena memiliki grafis yang indah, gameplay menantang, dan membutuhkan kecepatan tangan yang tinggi. Selain itu, game ini juga tidak membutuhkan spesifikasi PC terlalu tinggi untuk bisa memainkannya dengan lancar.

Di SEA Games 2023, Indonesia mengirimkan enam pemain dari tim-tim esports terbaik yang ada di Indonesia, yaitu DelB, NcSlasher, Eeyore, M0rea, Asteriskk, Kush, dan Sayoo. Roster ini siap memenangkan pertandingan dan meraih medali emas.

Esports adalah cabang olahraga yang sangat bergengsi di ajang SEA Games 2023. Timnas Esports Indonesia mampu bersaing dengan tim mana pun, bahkan di kancah internasional di luar Asia Tenggara. Oleh karena itu, esports menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat menarik perhatian dan diharapkan bisa memberikan kontribusi yang baik dan menyumbang banyak medali bagi indonesia.