Berita  

Dokumen Rahasia Presiden RI Bocor Oleh Bjorka

Dokumen Rahasia Presiden RI Bocor

Sebanyak 679.180 transaksi surat dan dokumen rahasia Presiden Republik Indonesia (RI) diduga bocor. Bjorka, orang yang mengeklaim melakukan hal tersebut, menjual data-data itu di forum Breached.

Dalam sebuah thread berjudul “Transactions of Letters and Documents to the President of Indonesia 679K” yang diunggah pada Jumat pukul 20.21 WIB, Bjorka mengeklaim data yang ia bocorkan kali ini “berisi transaksi surat tahun 2019 – 2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada Presiden”.

Tak hanya itu, dalam file sebesar 40 mb atau 189 mb belum dikompres, Bjorka juga menyebut ada pula “kumpulan surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara yang diberi label rahasia”.

Dalam thread tersebut, Bjorka turut memperlihatkan sejumlah surat transaksi dan dokumen meski tak secara menyeluruh.

Dokumen Rahasia Presiden RI

Baca Juga : Pesan Dari Hacker Bjorka Untuk Kominfo

Dugaan bocornya transaksi surat dan dokumen Presiden RI ini pertama kali diungkap oleh akun Twitter @darktracer_int.

Dokumen Rahasia Presiden RI

“Berisi transaksi surat tahun 2019-2021 serta dokumen yang dikirimkan kepada presiden, termasuk kumpulan surat yang dikirim oleh BIN yang diberi label rahasia,” tulis Bjorka di forum online BreachForums.

Sebelumnya, hacker Bjorka mengancam akan membocorkan data milik Presiden Jokowi. Informasi ini diungkap oleh pemilik akun Twitter @Darktracer melalui tangkapan layar.

“Aktor jahat Bjorka, yang menindas warga negara Indonesia, mengumumkan di saluran Telegram-nya bahwa target berikutnya untuk kebocoran itu adalah presiden Indonesia (Jokowi, red),” tulis Dark Tracer.

Hacker tersebut menulis pesan, “The next leak come from the president of Indonesia” atau “Kebocoran selanjutkan akan datang dari presiden Indonesia.”