pengenalan mysql(data base)

  • Share

Biasany kita  melakukan suatu pengolahan data yg mmbutuhkan  tools yg dpat menmpilkan data yang kita inginkan. Salah satu tools dimaksud adalah Mysql (Structured Query Language).  Dalam  melakukan sebuah pengolahan data Ada beberapa  jenis SQL (Structured Query Language) yang harus untuk diktahui sbeberapa diantaranya, yaitu Data Manipulation Language (DML), Data Definition Language (DDL), dan jugea  adaData Control Language (DCL).

, sebelum dijadikan data yg dpat dgnukan, ada bbrpa  codingan  bahasa pemrograman yang digunakan untuk sysstem menejemn basisdata. Hal ini berfungsi untuk kamuagar dapat menampilkan  sebuah data  dengan keinginan anda sendiri. biasanya bnyak orang menggunakan Microsoft Excel sebagai sorting data dalam database.

sekrang Mysql mempunyai fungsi yang sangat lengkap untuk me manajemen basis data anda. Bahkan , Mysql ini  juga sanggup mengolahkan ribuan data dengan sangat cepat. Selain kamu yang dapat melakukan ekspor data dari aplikasi kamu hanya gunain mysql. Yuk, simak artikel yagn satu ini.

apasi mysql itu ?

 

Jika  hanya dilihat dari kepanjangannya saja SQL (Structured Query Language) bisa  diartikan sebagai sebuah  bahasa pemograman web khusus pada sistem manajemen pada basis data yang digunakan sebagai instruksi-instruksi khusus kedalam basis data guna menjalankan comand-comandnya

 

Sejarah MySQL

 

di tahun 1979 juga merupakan awal dari pertama kali MySQL di temukan, oleh  seseorang yang bernama Michael Monthy Widenius, seorang programmer  web asal Swedia. Monty mengembangkan  sistem database yang sederhana yang dinamakan UNIREG  yang juga digunakan sebagai koneksi low-level ISAM basis data engine dengan cara indexing.  saat itu juga  si Monty bekerja kepada sebuah  perusahaan bernama TcX di negeri Swedia.

 

Setelah mengembangkan MySQL, pada tahun 1995 maka MySQL resmi dirilis. Bahkan hingga kini MySQL dibawah naungan Oracle perusahaan yaitu kerjasama antara pengembang UNIREG (Michael Monty Widenius), mSQL (David Hughes), dan TcX.

Kelebihan  dari bahasa MySQL

 

 yang Dapat diintegrasikan oleh  beberapa bahasa Pemrograman  .Net, Java, Python, Perl yang juga merupakan bahasa pemrograman yang sangat  dominan di kalangan programmmer

MySQL juga  dapat mendeteksi massage kesalahanke pada klien dengan cara menggunakan kurang  lebih dari 20 bahasa programan meskipun hanya  bahasa indonesia  yang belum termasuk didalamnya. MySQL juga dapat diintegrasikan dengan  Hosting control panel 

Kekurangan dari bahasa MySQL

 

Banyak  juga yang mengklaim  sebagai kurang support terhadap  bahasa pemrograman Visual/Desktop,  jadi sehingga sedikit yang  menggunakan  bahasa tersebut untuk aplikasi visual. Karena berlisensi GPL  juga sehingga sulit  untuk mendapatkan update an  untuk masalah yang urgent, dan  sehingga perusahaan yang skala  mereka menengah ke keatas lebih  dari memilih RDBMS berlisensi dan jjuga disupport seperti Oracle and  MS SQL Server.

 

Diakuisisi pada orcale

Pada tanggal 16 bullan Januari tahun 2008  si Sun Microsystems, Inc  juga mengumumkan aksi korporasi –  dan akuisisi terhadap  bahasa MySQL AB dan sehingga menjadikan Sun sebagai salah satu dari  perusahaan dengan produk  yang platformnya open source terbesar juga yang sama seperti Java, OpenSolaris dan akhirnya adalah MySQL.

Cara Kerja basis data

 

Pada sebuah  dasarnya bahasa mysql juga  merupakan dasar dari beberapa  model client-server. pada Server MySQL maka  akan  menangani jadi segala instruksi yang  dimana ada pada basis data. Servernya pun juga  tersedia sebagai progam dan  terpisah yang bakal di gunakan dalam sebuah  jangkauan dan client  server dan serta berfungsi  juga sebagai perpustakaan yang  juga akan disematkan oleh aplikasi secara terpisah.

 

Itulah sebuah penjelasan yang singkat tentang  pengertian dari  SQL (Structured Query Language),  dan juga apa fungsi sebenarnya dan bagaimana cara kerjanya. Semoga  aja dapat menambah wawasan bagi anda yang ingin tahu dan ingin lebih dalam menganai dunia programan terlebih dunia komputer

Macam – Macam Perintah MySQl

 

Dalam  sebuah Perkembangannya SQL juga  telah banyak mengalami perombakan hehe, hingga pada tahun 1995 bahasa  SQL berhasil diluncurkan di dibawah naungan Oracle. dan juga SQL merupakan sebuah  bahasa pemograman yang  khusus pada sebuah  sistem manajemen yang ada di basis data  yang  juga menggunakan  sebuah instruksi-instruksi khusus ke  dalam memanipulasikan semua data guna menjalankan comand-comandnya

 

 

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version