5 Alternatif Untuk Menyimpan Foto Fotomu Secara Gratis

  • Share
5 Alternatif Untuk Menyimpan Foto Fotomu Secara Gratis

5 Alternatif Untuk Menyimpan Foto Fotomu Secara Gratis – Berikut ini lima layanan penyimpanan foto alternatif untuk menggantikan Google Photos yang tak lagi gratis, seperti dilansir dari Android Authority.

1. Amazon Photos

Amazon Photos menawarkan penyimpanan foto unlimited secara gratis. Tapi kalian harus berlangganan layanan Amazon Prime dulu untuk bisa mengaksesnya.

Tapi untuk menyimpan video dan file lainnya, hanya tersedia ruang sebesar 5GB. Fiturnya tidak selengkap Google Photos, tapi kalian bisa mencari foto dengan kata kunci dan aplikasinya bisa mensinkronisasi foto secara otomatis.

Layanan penyimpanan foto unlimited di Amazon Photos juga bisa digunakan oleh enam anggota keluarga dalam satu biaya berlangganan. Tapi kalau kalian menghentikan langganan Amazon Prime, foto yang disimpan tidak bisa diakses lagi dan ada kemungkinan dihapus secara permanen.

2. Dropbox

Dropbox termasuk salah satu layanan penyimpanan cloud paling populer. Dengan layanan ini kalian bisa menyimpan semua foto di ponsel ke cloud secara otomatis, sama seperti Google Photos.

Sayangnya, ruang penyimpanan di versi gratis Dropbox sangat terbatas hanya 2GB. Jauh lebih kecil jika dibandingkan versi gratis Google Photos yang sebesar 15GB. Biaya berlangganannya pun lebih mahal ketimbang kompetitor.

Baca Juga : Fitur Baru Google Foto Untuk Menghemat Penyimpanan

3. Flickr

Flickr lebih dikenal di kalangan fotografer untuk membagikan foto-foto berkualitas tinggi. Tapi layanan ini juga bisa digunakan oleh pengguna biasa yang mencari alternatif Google Photos.

Saat ini menyimpan foto gratis di Flickr dibatasi 1.000 foto. Kalau ingin menggunakan versi unlimited-nya, siap-siap merogoh kocek Rp 90 ribuan per bulan atau Rp 850 ribuan per tahun.

4. iCloud

Pengguna iPhone dan iPad pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Dengan iCloud Photos, kalian bisa menyimpan foto secara aman di cloud dan mengaksesnya dari perangkat lain.

Pengguna iCloud versi gratis diberikan ruang penyimpanan sebesar 5GB. Untungnya biaya ekspansi ruang penyimpanan tidak begitu mahal, mulai dari Rp 14 ribuan per bulan untuk 50GB sampai Rp 140 ribuan per bulan untuk 2TB.

Kalau mau lebih murah, kalian bisa menggabungkannya dengan langganan layanan lain lewat Apple One. Tapi karena Apple belum menghadirkan dukungan resmi iCloud untuk ponsel Android, pilihan ini lebih cocok untuk pengguna iPhone.

5. OneDrive

Layanan penyimpanan cloud dari Microsoft ini bisa dilirik sebagai alternatif Google Photos. Biasanya pengguna laptop dan komputer yang menjalankan Microsoft Office sudah memiliki akses terhadap OneDrive.

Kalian bisa mengunduh aplikasi OneDrive di ponsel untuk menyimpan foto ke cloud secara otomatis. Galerinya memungkinkan pengguna untuk mencari dan memberikan tag ke foto secara otomatis berdasarkan kontennya, sama seperti Google Photos.

OneDrive versi gratis saat ini memiliki penyimpanan yang terbatas yaitu 5GB, tapi kalian bisa mendapatkan penyimpanan sebesar 100GB dengan membayar Rp 28 ribuan per bulan. Pelanggan Microsoft 365 juga bisa mendapatkan penyimpanan 1TB secara gratis.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version