Apa Itu Shadowban di Media Sosial?

Apa Itu Shadowban di Media Sosial? Berikut Cara Menghindarinya

Apabila kamu aktif bergerak di bidang social media marketing, pastinya kamu pernah mendengar apa itu yang dimaksud dengan shadowban. Hal satu ini bisa kamu rasakan saat post yang di-upload atau aktivitas lainnya di media sosial tak dapat dilihat oleh pengguna lain. Nah, siapa pun yang menggunakan platform media sosial bisa mengalaminya dan bahkan dirugikan dari kejadian shadowban tersebut.

Maka dari itu, yuk, ketahui lebih lanjut tentang apa itu shadowban, serta cara terbaik untuk mengatasi dan menghindarinya agar tidak terjadi padamu.

Apa Itu Shadowban?

Sebenarnya, apa itu yang dimaksud dengan shadowban? Menurut Planoly, istilah tersebut mengacu ketika post atau aktivitasmu di media sosial tidak tampak bagi orang lain. Uniknya, kejadian ini biasa terjadi tanpa disadari oleh para pengguna media sosial. Dalam arti, akunmu tidak menerima notifikasi apa pun tentang pembatasan aktivitas tersebut secara nyata.

Shadowbanning juga dikenal dengan stealth banning atau ghost banning. Nah, seperti yang tadi dijelaskan, kamu biasanya tidak akan menyadari bahwa aktivitasmu tidak bisa dilihat orang lain di platform yang sama karena disembunyikan oleh situs tersebut. Padahal, kontennya masih tampak untukmu.

Shadowban biasanya terjadi untuk menghindari spam atau membuat pengguna yang dianggap mengganggu ketertiban di sebuah platform berhenti menggunakannya. Ini sering ditemukan di berbagai media sosial, seperti Instagram, Twitter, Reddit, dan bahkan TikTok. Bagi content creator, tentunya akan sulit untuk mendatangkan traffic, mendapatkan engagement, dan mengembangkan akunnya.

Cara Menghindari Shadowban

Untuk menghindari shadowban, tentunya hal yang harus kamu lakukan adalah menghindari alasan sebuah platform melakukannya pada penggunanya. Nah, biasanya, media sosial memberlakukan shadowbanning pada orang-orang yang suka melakukan spam, berlaku kasar pada pengguna lainnya, atau melanggar peraturan hak cipta.

Di beberapa situs, alasan shadowbanning terjadi bisa berbeda-beda. Jadi, hal yang perlu dihindari agar tidak mengalaminya tidak selalu sama.

Berikut beberapa cara menghindari shadowban berdasarkan platform media sosial.

Menghindari Shadowban Instagram

cara mengatasi shadowban instagram

Meskipun CEO Instagram mengelak adanya shadowban, banyak pengguna yang merasa mengalami ini. Bahkan, media sosial tersebut adalah salah satu platform yang paling sering menerima keluhan tentang shadowban dari para penggunanya. Algoritmanya yang kompleks dan canggih bisa membuat post-mu di platform ini tersembunyi dari pengguna lain.

Biasanya, Instagram akan langsung melakukan ini pada konten yang dinilai tidak pantas menurut Community Guidelines-nya. Seperti, konten ini mengandung kekerasan, aktivitas ilegal, vulgar, dan lain-lain. Untuk menghindari shadowban di Instagram, tips penting yang perlu kamu ingat adalah untuk selalu meng-upload foto-foto yang cocok untuk semua umur saja.

Menghindari Shadowban Twitter

cara mengatasi shadowban twitter

Nah, seperti apa itu bentuk shadowban yang terjadi di Twitter? Melansir dari sumber Neil Patel, rangkaian kejadiannya cukup serupa dengan yang terjadi di media sosial lainnya. Di mana post atau tweet yang diterbitkan tidak dapat dilihat oleh para followers atau akun-akun publik lainnya.

Namun, shadowbanning sendiri bisa terjadi di Twitter karena beberapa hal spesifik. Berikut beberapa penjelasannya:

  1. tidak mengonfirmasi alamat email
  2. tidak menggunakan foto profil
  3. sering di-mute atau di-block pengguna lain
  4. banyak di-follow akun bot
  5. posting terlalu banyak dalam satu waktu

Menghindari Shadowban Tiktok

cara mengatasi shadowban tiktok

Pengguna TikTok masih belum familiar dengan apa itu yang dimaksud dengan shadowban. Sebab, sebagai media sosial yang sedang naik daun, mereka cukup jarang memberlakukan inisiatif tersebut kepada penggunanya.

Meskipun secara resmi tidak ada istilah shadowban dalam Community Guidelines platform tersebut, algoritma TikTok bekerja untuk memastikan hanya konten aman sajalah yang ditampilkan pada para penggunanya.

Jika algoritmanya mendeteksi bahwa video tersebut mengandung unsur-unsur yang tidak diinginkan, video tersebut akan semakin sulit dibagikan dan ditampilkan di For Your Page (FYP). Kalau terlalu sering meng-upload konten yang dinilai tidak baik, TikTok tidak hanya akan memberlakukan shadowban, tetapi juga memberikan penalti bagi pembuatnya.

Konten yang perlu kamu hindari agar tidak terkena shadowban adalah konten yang mengandung:

  1. barang ilegal
  2. kekerasan
  3. ujaran kebencian
  4. spam
  5. dan lain-lain

Tak jarang pengguna terkena shadowban tanpa alasan yang cukup jelas.

Pastinya, sistem platform yang kamu gunakan mendeteksi adanya kegiatan yang aneh dan tidak sesuai peraturan.

Menghindari Shadowban Facebook

cara mengatasi shadowban facebook

Di Facebook, peraturan yang berlaku tak jauh beda dari Instagram. Ada Community Standards yang berlaku dan wajib diikuti oleh semua penggunanya jika tidak ingin terkena shadowban atau bahkan di-block dari situs ini. Selama belum benar-benar melanggar secara keras, biasanya Facebook akan melakukan shadowban pada post yang dinilai kurang baik.

Contohnya, kamu menyebarkan informasi palsu atau hoax tentang suatu berita.

Nah, Facebook akan membatasi agar konten yang kamu sebarkan tersebut tidak bisa dilihat orang-orang. Jika terjadi terus menerus, ini sama saja dengan shadowban. Jadi, jangan menge-post sesuatu tanpa mengecek kesesuaiannya dengan peraturan Facebook.

 

Nah, sudah lebih paham, kan, tentang apa itu shadowban dan bagaimana cara menghindarinya? Maka dari itu, mulai dari sekarang, berhati-hatilah ketika menggunakan platform media sosial agar tidak terkena masalah ini. Sebab, ia bisa terjadi tanpa sepengetahuanmu dan menyebabkan kerugian besar pada semua upaya pemasaran yang sudah kamu luncurkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments