Apa Sih Arti Dari Wibu? Yuk Simak Penjelasannya

  • Share
Apa Sih Arti Dari Wibu? Yuk Simak Penjelasannya

Wibu adalah istilah yang asal mula katanya dari bahasa Inggris, weeaboo. weeaboo identik dengan kecintaan atau obsesi seseorang pada budaya Jepang meski bukan berasal dari Jepang.

Seseorang yang mempertahankan obsesi yang tidak sehat dengan Jepang dan budaya Jepang, biasanya mengabaikan atau bahkan menghindari identitas ras dan budaya mereka sendiri. Banyak weeaboo berbicara dalam bahasa Jepang yang disembelih dengan 8 kata atau lebih yang mereka ketahui (yaitu kawaii, desu, ni chan).

Sementara weeaboo mengklaim mencintai dan mendukung budaya Jepang, berlawanan dengan intuisi, mereka cenderung menstereotipkan budaya Jepang dengan cara muncul di anime favorit mereka, yang dapat dengan aman dianggap menyinggung orang Jepang.

Dalam praktiknya, seseorang bisa dikatakan sebagai wibu apabila dirinya sering mempublikasikan tentang budaya Jepang, mengunakan pakaian ala Jepang, serta selalu membahas apapun yang berbau Jepang. Bahkan yang lebih parah sampai menggunakan aksen berbicara ala Jepang.

Kemudian, ada juga seseorang yang disebut sebagai wibu karena orang tersebut tidak peduli dengan budaya sendiri, lebih sering berkumpul dengan komunitas Jepang, suka menyendiri serta anti sosial.

Di sisi lain, gelar wibu tersebut juga diberikan pada seseorang yang menyukai lagu-lagu Jepang, idol dari Jepang, berpenampilan ala Jepang, dan hal lain sebagainya yang berkaitan dengan Anime Jepang. Kendati sering dicap negatif oleh lingkungan, wibu juga masih ada yang menjunjung tinggi hal-hal berbau Indonesia.

Nah gitu aja dulu deh, yang penting kalian udah tau apa itu wibu. biar ga cuma asal nyebut tapi juga tau artinya.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version