Kerja Freelance Sambil Kuliah? Bisa Banget

Kerja Freelance Sambil Kuliah

Di zaman sekarang yang serba digital ini, siapasih kalangan milenial yang belum tau Profesi Freelance. Pekerjaan sebagai Freelance ini hampir digemari banyak orang dikarenakan waktu kerja yang flexible tanpa harus terikat dengan kontrak. Kerja Freelance ini juga cocok untuk kamu sebagai mahasiswa yang sedang kuliah dimanapun sembari mengisi waktu luang.

Penasaran bagaiman itu kerja Freelance?  Yuk simak artikel ini sampai selesai

Apa Itu Freelance?

Freelance dikenal dengan pekerja bebas kontrak, artinya kamu bisa bebas memilih untuk melakukan pekerjaan yang kamu inginkan, dan disini tidak ada kontrak jangka panjang dalam pekerjaan tersebut.

Jadi secara singkat Freelance ini merupakan pekerjaan bebas , yang bisa dilakukan kapan saja dan dalam jenis pekerjaan apapun. Sehingga sangat cocok jika kamu punya waktu luang dan ingin menambah penghasilan dan pengalaman.

Persiapan Kerja Freelancer Apa Saja?

Menjadi Freelance bukan hanya sekedar kamu bebas memilih pekerjaan apa yang akan kamu ambil. Dari pemberi pekerjaan pasti akan melakukan seleksi Freelancer mana yang dinilai bisa menyelesaikan dengan hasil terbaik.

Untuk itu sebelum kamu menjadi seorang Freelancer, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.

Diantaranya dua hal penting berikut

1. Keahlian

Poin paling penting tentu saja Keahlian, kamu harus punya keahlian tertentu jika ingin menjadi seorang Freelancer. Semakin tinggi keahlian kamu, semakin banyak juga pekerjaan yang bisa kamu dapatkan. Apalagi jika keahlian kamu sudah memiliki sertifikasi, tentu akan menjadi nilai Tambah di mata para pemberi pekerjaan.

2. Portofolio

Singkatnya portofolio ini adalah kumpulan dokumentasi mengenai pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Seperti contoh kamu sebagai seorang Freelancer dengan keahlian Website Programming. Nah pada Portofolio kamu bisa mencantumkan website apa saja yang sudah kamu buat. Tidak harus riwayat pekerjaan, kamu juga bisa mencantumkan hasil project yang pernah kamu buat. Selama karya sendiri itu tidak masalah.

Itulah dua poin yang harus kamu siapkan sebelum kerja Freelance.

Jenis Pekerjaan Freelance Populer

Buat kamu yang berminat ataupun tertarik di beberapa bidang berikut, kamu bisa mempelajarinya lebih dalam sebelum mulai kerja sebagai freelancer.

1. Pembuatan Website

Semenjak Corona muncul ditahun 2019 ada banyak sekali Perusahaan yang mulai membangun infrastruktur Digital, salah satunya dengan membuat Website. Pendapatan yang bisa kamu dapatkan dalam pekerjaan ini berkisar jutaan hingga puluhan juta. Untuk kamu yang berminat mendapatkan pekerjaan dalam bidang ini, bisa belajar beberapa hal berikut

  • WordPress Development
  • Programming Frontend ( HTML, CSS, Java Script )
  • Programming Backend ( Java, PHP, Python, dan Lainnya )
  • Website Designer ( Figma, Sketch, dan Lainnya )

Bidang ini sangat cocok untuk kamu yang berkuliah di jurusan Informatika, atau Sistem Informasi dan juga Multimedia. Karena berhubungan langsung dengan pemrograman dan Desain.

2. Penulis Konten

Dikenal dengan istilah keren Content Writer, pekerjaan ini terlihat sangat mudah karena hanya perlu menuliskan sesuatu. Dalam bidang penulis konten kamu bisa mendapatkan bayaran berkisar mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Beberapa pekerjaan penulisan konten yang populer adalah

  • Penulis Artikel ( Blog Perusahaan )
  • Copywriting
  • Pembuatan Berita Acara
  • Pembuatan Makalah
  • Pembuatan Artikel SEO

Bidang ini mimin kira lebih cocok dengan seseorang yang suka menulis, karena diperlukan ide ide yang selalu muncul. Tidak bergantung pada jurusan apa kuliah yang kita lakukan saat ini.

Tempat Mencari Pekerjaan Freelance

Selanjutnya yang perlu kamu tau adalah Tempat Kerja Freelance. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan, mulai dari Lokal hingga International. Semakin ramai platform tentu persaingan dalam mendapatkan pekerjaan akan dirasakan. Apalagi jika pekerjaan yang ditawarkan mudah namun memiliki bayaran tinggi.

Salah satu platform yang menarik dan populer adalah Freelancer.co.id Pada platform ini tersedia beragam pekerjaan yang bisa diambil seperti

Desain Situs Website
Pembuatan Aplikasi
Arsitektur Software
Desain Grafis
Desain Logo
Koreksi Data
Edit Foto
Seputar Pemrograman
Ilustrasi
Akuntansi
Penulisan

dan masih banyak lainnnya, jika kamu tertarik bisa langsung menuju ke situs tersebut untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Kamu juga bisa mencari Platform lain di mesin pencarian, cukup cari dengan kata kunci “Platform Freelance” nanti akan muncul banyak hasil yang bisa kamu pilih.

Keuntungan Kerja Freelance Saat Kuliah

Pernah lihat meme berikut? pastinya pernah jika kamu sering aktif di media sosial seperti Facebook.

meme pencari kerja

Nah itulah kemungkinan yang akan terjadi jika kamu lulus kuliah dan tidak pernah punya pengalaman kerja. Kerja Freelance sambil kuliah bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Karena kamu hanya memanfaatkan waktu luang dan tidak perlu memiliki kontrak panjang. Dengan menjadi Freelancer juga kamu bisa memiliki pengalaman bekerja di bidang yang kamu sukai.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments