Pengertian, Sejarah dan Cara Kerja Jaringan Internet

Cara Kerja Jaringan Internet

Jaringan Internet telah menjadi hal yang umum bagi sebagian besar penduduk bumi dan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib ada bagi sebagian besar orang.

Bagaimana tidak, hampir segala sesuatu yang kita lakukan didunia nyata mulai dari belajar, mencari hiburan, mencari teman hingga melakukan pekerjaan dapat kita lakukan dengan didunia maya melalui perantara internet.

Meski telah menjadi hal yang umum, namun kita terkadang masih awam dan masih tidak mengenal tentang “apa itu internet”. Guna menambah wawasanmu tentang dunia maya, berikut kami sajikan sedikit informasi tentang internet.

Apa Itu Internet?

Apa itu internet

Internet adalah sebuah jaringan telekomunikasi komputer terbesar di dunia, yang menghubungkan miliaran perangkat elektronik di seluruh dunia. Jaringan telekomunikasi raksasa ini dihubungkan secara nirkabel alias wireless melalui perantara sinyal satelit ataupun kabel fiber. Jaringan telekomunikasi ini menjadi salah satu objek penemuan yang sangat penting dalam kemajuan dan perkembangan umat manusia.

Sejarah Pengembangan Internet

sejarah jaringan internet

Internet pertama kali dikembangkan oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Pada saat itu, Departemen pertahanan Amerika Serikat melakukan penelitian guna menciptakan sebuah jalur telekomunikasi yang aman antara daratan Amerika Serikat dan Eropa.

Project penelitian yang dilakukan oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat tersebut lantas menghasilkan sebuah jaringan telekomunikasi bernama ARPANET.

Pada awalnya, jaringan ARPANET hanya digunakan dikalangan akademisi (lingkungan universitas). Dan, pada tahun 1973 insinyur perangkat lunak bernama Vint Cerf dan Bob Kahn turut bergabung dalam project penelitian tersebut dan menghasilkan sebuah standarisasi pada jaringan ARPANET.

Standar-standar baru yang dikembangkan Vint Cerf dan Bob Kahn lantas dikenal sebagai standar TCP/IP yang menjadi dasar jaringan internet modern seperti yang kita kenal saat ini.

Pada tahun 1980-an, program ARPANET yang dulunya didanai oleh Departemen pertahanan kini dialihkan dan didanai oleh NSF (National Science Foundation). Namun, di akhir tahun 1990-an diera pemerintahan presiden Clinton, program tersebut juga mengalami perubahan sumber pendanaan. Yang dulunya didanai oleh NSF (National Science Foundation) diubah dan didanai langsung oleh public dan sektor swasta.

Karena hal itulah, jaringan internet yang kita kenal saat ini tidak dimiliki dan dikelola oleh suatu negara.

Cara Kerja Jaringan Internet

cara kerja internet

Internet merupakan sarana penghubung antara suatu perangkat elektronik dengan perangkat lainnya yang sama-sama terkoneksi dengan internet.

Saat suatu perangkat yang terhubung dengan jaringan internet mengirimkan sebuah pesan ke perangkat lain di internet. Maka pesan yang dikirim oleh perangkat pertama akan diubah dan dipecah menjadi beberapa paket-paket kecil gelombang elektromagnetik berbentuk pulsa listrik atau “bit” dan setiap paket tersebut akan dikirimkan ke perangkat penerima melalui kabel-kabel fiber optic atau gelombang radio satellite.

Proses pengiriman suatu paket berjalan dengan kecepatan cahaya dan akan sangat sampai sangat cepat ke perangkat penerima dalam hitungan milidetik.Setelah perangkat penerima menerima semua kiriman yang dikirimkan, maka perangkat tersebut akan menyusun setiap paket yang datang dan menerjemahkan isi paket ke bentuk semula.Dalam proses pengiriman pesan tersebut ada komponen lain yang turut berperan penting, yakni Protokol.

Secara sederhana, protokol adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memformat paket yang dikirim oleh pengguna internet menjadi paket yang dapat dikenali oleh seluruh atau sebagian besar perangkat.

Kamu pasti sadar, kalau pesan yang dikirim di internet tidak hanya berasal dari satu jenis perangkat yang sama (semerk, sejenis, semodel), platform atau software penerima dan pengirim paket juga terkadang berbeda (belum lagi kalau pesannya dienkripsi dengan beragam jenis enkripsi yang berbeda).

Hasil dari perbedaan jenis perangkat dan jenis platform pengirim/penerima itulah yang menjadikan adanya perbedaan antar paket satu dengan paket yang lain.

Guna menerjemahkan agar semua (sebagian besar) perangkat atau platform pengirim dan penerima bisa mengerti isi paket yang dikirim/diterima. Maka diciptakanlah Protokol.Protokol diciptakan guna menerjemahkan dan memberikan gambaran tentang isi paket yang ada di internet kepada perangkat dan platform lain.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments