Perintah CMD Dasar Yang Sering Digunakan

Perintah CMD Dasar

CMD atau Command Prompt adalah suatu aplikasi Command Line Interpreter (CLI) yang ada pada sistem operasi Windows. Fungsi dari perintah CMD adalah untuk memberikan perintah-perintah ke layanan komputer tanpa harus melakukan navigasi program yang berbasis GUI misalnya untuk management file melalui File Explorer.

Sebagian besar dari perintah yang ada akan mengotomatiskan tugas lewat file batch dan skrip, melakukan administratif tingkat berikutnya, sekaligus membantu memecahkan serta menyelesaikan permasalahan di Windows tertentu.

Command Prompt disebut sebagai Windows Command Processor secara resmi, tetapi bisa juga disebut dengan CMD prompt, command shell, atau bahkan dengan menggunakan nama filenya, cmd.exe.

Perintah CMD dan Fungsinya

Sebelum bisa masuk ke daftar perintah CMD dan fungsinya, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwasanya tidak semua dari perintah tersebut bisa digunakan pada semua versi Windows.

Agar mengetahui perintah dasar CMD dan fungsi mana saja yang bisa dipakai, yuk simak perintah CMD lengkap beserta dengan penjelasannya di bawah ini.

1. PING

Ping atau dikenal dengan Packet Internet Gopher adalah suatu fitur yang ada pada Windows dan biasanya sering digunakan dalam mengecek kecepatan akses internet.

Penggunaan perintah ini sangat mudah kamu bisa mengetikkan ping dan nama domain / IP, seperti contoh

ping 1.1.1.1

ping cmd

kemudian tekan Enter. Setelah itu, dari serangkaian baris tulisan yang telah dibuat akan ditampilkan kumpulan angka. Apabila ingin mengetahui seberapa cepat dan stabil internet yang kamu gunakan, cukup hanya dengan melihat bagian “time=xxms” yang menunjukkan response time / waktu respon.

2. WHOAMI

Perintah whoami biasanya digunakan untuk menampilkan nama dari pengguna komputer yang sedang digunakan saat ini.

Perintahnya sangat mudah, kamu hanya perlu mengetik whoami dan tekan enter.

3. DISKPART

Diskpart adalah perintah CMD untuk mengatur partisi hard disk yang kamu gunakan. Diskpart sendiri adalah perintah yang ditawarkan oleh Windows agar memberi kemudahan bagi para penggunanya untuk mengelola harddisk.

Fungsi perintah CMD diskpart ini adalah untuk mengelola pembagian ruang penyimpanan dalam harddisk.Apabila merasa belum cukup familiar dengan fungsinya, kamu disarankan untuk menghindari pemakaian fungsi diskpart sebab terdapat risiko berupa kehilangan data.

Akan tetapi apabila penasaran dengan fungsi tersebut, maka kamu bisa mencoba memakai fungsi tersebut melalui mengetik diskpart pada jendela CMD.

Sesudah menekan Enter, maka jendela CMD akan bertambah satu.

Pada jendela baru tersebut, kamu bisa mengetikkan perintah-perintah CMD lainnya, di antaranya berupa list disk yang menampilkan beragam partisi hard disk yang kamu gunakan beserta dengan jenisnya.

Diskpart Command CMD

Baca Juga : Kode CMD Keren Untuk Terlihat Seperti Hacker

4. IPCONFIG

Ipconfig merupakan perintah-perintah CMD yang terdapat pada sistem operasi Windows. Fungsi perintah CMD ini adalah untuk menampilkan konfigurasi dari IP Address komputer. Melalui perintah CMD ipconfig ini, maka kita bisa melihat apa saja konfigurasi yang masuk ke dalam komputer.

ipconfig cmd windows

5. TREE

Tree adalah perintah CMD yang berguna untuk memunculkan struktur pada suatu folder. Jadi kalau kamu ingin melihat sub folder secara lengkap dengan singkat, bisa melalui Tree. Untuk mencobanya, ketikkan tree pada CMD, lalu klik Enter dan akan muncul daftar file seperti pada gambar berikut.

Tree CMD

 

Itulah beberapa kode dasar CMD yang bisa kamu gunakan, kamu bisa mencobanya jika penasaran. Nantikan berbagai kode CMD lain yang akan kita bahas di postingan berikutnya.