Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah berhenti” di Android

  • Share

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Kembali lagi dengan saya Rzkymptra, Pada kesempatan kali ini Gua mau ngasih sebuah tips nih cara mengatasi apk yang berhenti.

 

Hp yang kamu pakai saat ini pasti punya bermacam aplikasi sesuai dengan kebutuhan masing² kan?.

Salah satunya ialah aplikasi yang berhenti saat kamu gunain. Ga perlu khawatir ngab kalo kamu nemuin itu, Nah, Gua akan rangkum beberapa cara mengatasi aplikasi telah berhenti di smartphone Android.

Berikut ini adalah beberapa penyebab-penyebab apk yang telah berhenti.

1. Memori RAM Penuh

Nah memori RAM yang terbatas dan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang belakang tentu jadi penuh.

2. File Cache Aplikasi Penuh

Sistem operasi Android pasti akan menyimpan cache pada setiap apk untuk mempercepat kamu dalam menggunakanya. Cache file akan penuh jika lama ga kamu bersihim, coba sendiri sana dan menyebabkan performa hp menurun. Termasuk saat menjalankan aplikasi.

 

Nah itu beberapa penyebab penyakit aplikasi telah berhenti di Android ya ngab 🙂

 

Kalo udah lihat apa penyebabnya, Mari kita tau cara mengatasi apk yang telah berhenti.

1. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Salah satu penyebab aplikasi menjadi error adalah penuhnya memori RAM yang digunain. Solusi pertama kali yang bisa kamu lakuin adalah mmembersihkan aplikasi yg berjalan di latar belakang.

2. Hapus Aplikasi Cache & Data

Apk yg telah berhenti bisa jadi disebab-in oleh cache dan data yang error pada aplikasi tersebut. Kamu juga bisa gituin sndr apk dngn cache dan data apk di hp Android kamu.

3. Restart Smartphone Android

Pada apk Android yang berhenti saat kamu lagi gunain dapat disebab-in dngn beberapa hal. Mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang ga stabil kamu gunain. Cara yang paling gampang adalah dengan ngelakuin restart Android ngab

Dengan cara ini, hl Android tentu akan dinyalakan kembali dengan kondisi sehat seperti keadaan awalanya. 

4. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Kamu bisa melakukan uninstall dan menginstal ulang aplikasi yang kamu gunakan. Hal ini bisa saja disebabkan beberapa data aplikasi error sehingga aplikasi ga berjalan seperti biasanya lhoo ngab.

5. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

memperbarui aplikasi Android bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah aplikasi Android yang telah berhenti di hp kamu. Pembaruan aplikasi selain mengatasi kesalahan aplikasi..

6. Atur Ulang Smartphone

Kamu bisa mencoba melakukan Reset Pabrik hp Android kamu. Walaupun belum pasti mengatasi masalah aplikasi terhenti ya kan, nah cara ini akan mengembalikan hp Android ke kondisi semula

 

Nah, Itulah cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di smartphone Android.

Sekian Dari Gua Yang Telah Memberikan Sebuah Tips Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Di Smartphone Android.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments