Cara mengganti Tema WordPress & Mengatasi Limit

  • Share
cara mengganti tema wordpress dan mengatasi limit

Apa beda Tema dan Template WordPress?

Ada beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh para pemula seperti:

Bagaimana cara mengganti tema WordPress?
Apa bedanya tema dengan template WordPress?
Saya ingin mengganti template WordPress. Mengapa tidak ada menu Template di dashboard WordPress?
Di mana saya bisa menemukan menu Template di WordPress?

Semua pertanyaan tersebut pasti pernah ada di pikiran kamu, bukan? Nah baik tema, theme dan template WordPress semuanya SAMA! Itu hanyalah istilah saja! Jadi jangan bingung ya!

Pilih Otomatis atau Manual?

Ada 2 cara mengganti tema atau mengganti template WordPress yaitu secara otomatis atau manual.
Otomatis: Kamu bisa langsung mencari tema/ template dari WordPress dan langsung menambahkannya via dashboard WordPress
Manual: Kamu bisa mencari tema dari pihak lain dan melakukan upload file template zip secara manual.

Ingat! Jangan sekali-kali menggunakan template dari sumber yang tidak dipercaya! Bisa jadi, template tersebut sudah disisipi malware atau virus yang bisa mengendalikan website dan mencuri data website kamu!

Cara Mengganti Tema WordPress Otomatis

1. Login WordPress

Pastikan kamu bisa melakukan login WordPress. Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

2. Memilih Menu Appearance

Setelah masuk ke dashboard WordPress, silahkan pilih menu Appearance kemudian pilih Themes. Maka halaman Themes akan terbuka. Untuk mengganti tema WordPress, silahkan klik Add New.

3. Memilih Tema/ Template yang Diinginkan

Terdapat beberapa kategori tema WordPress yang dapat kamu pilih. Mulai dari Featured (tema yang memiliki variasi fitur), Popular (tema yang banyak digunakan user), Latest (tema terbaru), Favorites (tema favorit dari user itu sendiri), dan Feature Filter (memilih tema berdasarkan warna, layout, fitur, maupun subyek). Kamu juga bisa mencari tema/ template dengan mencari pada kolom pencarian. Jika sudah, silahkan pilih dan install sesuai keinginan.

4. Mengaktifkan Tema WordPress

WordPress akan mendownload tema dan melakukan proses instalasi pada blog anda. Setelah proses instalasi selesai, maka kamu dapat memilih untuk Live Preview untuk mencobanya terlebih dahulu. Jika kamu ingin mengganti template WordPress secara langsung, silahkan klik Activate.

5. Tema WordPress Berhasil Diganti!

Tunggu sebentar maka template WordPress berhasil diganti.

Cara Mengganti Tema WordPress Manual

Selain template bawaan WordPress, kamu bisa menggunakan template WordPress dari pihak ketiga. Ada banyak website yang menyediakan tema atau template WordPress baik yang gratis maupun berbayar misalnya pada https://woothemes.com/http://themeforest.com dan sebagainya. Tapi ingat, jangan sekali-kali memilih tema dari pihak ketiga yang tidak kredibel dan tidak resmi! Mungkin saja template atau tema kamu telah disisipi malware. Untuk itu, jangan pilih tema abal-abal jika tidak mau terjadi sesuatu dengan website! Ketika kamu beli template dari pihak ketiga tersebut, kamu akan diberikan file berupa .zip. Nah, file .zip ini nantinya akan diupload di WordPress agar tampilan website bisa berubah. Adapun caranya silahkan ikuti cara berikut ini:

1. Login WordPress

Silahkan lakukan login WordPress dengan menuliskan namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

2. Memilih Menu Appearance

Sama seperti tadi, kamu harus memilih menu Appearance kemudian pilih Themes. Maka halaman Themes akan terbuka. Untuk mengganti tema WordPress, silahkan klik Add New.

3. Melakukan Upload Tema WordPress

Untuk memasukkan file template yang berupa .zip tadi, silahkan klik Upload Theme pada bagian atas.

Setelah itu klik Choose file lalu pilih file tema yang telah didownload. Ingat, yang harus kamu upload adalah file template dengan ekstensi .zip ya! Jika sudah, silahkan pilih Install Now. Tunggu hingga proses instalasi selesai kemudian Activate. Maka tema yang sudah kamu download tadi berhasil terpasang pada website.

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version