Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah IESF Esports World Championship 2022

  • Share
Tuan Rumah IESF Esports World Championship 2022

Ajang tahunan kejuaran dunia esports bertajuk IESF Esports World Championship rencananya akan digelar di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Kabar ini diumumkan oleh pihak Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), PB Esports Indonesia, dan International Esports Federation (IESF).

Event akbar esports ini rencananya akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 20-27 November 2022. Kejuaraan dunia ini diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari satu juta atlet esports dari seluruh dunia yang akan mengikuti proses kualifikasi selama tiga bulan.

Karena ini merupakan turnamen esports paling bergengsi, akan ada 120 negara anggota IESF yang akan mengirimkan perwakilannya ke acara ini. Bahkan Vlad Marinescu, selaku Presiden IESF mengatakan event ini merupakan “event esports terbesar di Planet ini”.

Tuan Rumah Gelaran IESF

Vlad juga menyatakan, “Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022 sebab Indonesia memiliki tim esports yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama. Kami sangat gembira bisa membawa acara ini ke Bali.”

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah merupakan buah diplomasi olahraga NOC Indonesia dan PB Esports Indonesia. Delegasi NOC Indonesia Desra Firza Ghafzan dan Dewan Pembina PB Esports Indonesia Ibnu Riza sebelumnya yang menghadiri IESF Ordinary General Meeting di Eliat pada 19 November 2021.

Baca Juga : Kompetisi Trading Berhadiah 1.1 Miliar Di Indonesia

Raja Sapta Oktohari, selaku Presiden NOC Indonesia, menyambut antusias keputusan IESF yang menetapkan IESF Esports World Championship Ke-14 2022 akan diselenggarakan di Indonesia.

“NOC Indonesia sangat mendukung terselenggaranya acara ini. Bersama seluruh stakeholder, kita bergerak meningkatkan prestasi olahraga dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” ungkap Okto.

Kegembiraan yang sama juga diungkapkan Ketua Harian PB Esports Indonesia Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. Menurutnya, sinergi yang telah dibangun ini akan menjadi awal dari rangkaian kerjasama positif untuk menaikkan kejayaan esports Indonesia di kancah internasional.

IESF Esports World Championship Ke-14 2022 juga selaras dengan program desain besar PB Esports Indonesia yang mencakup pembinaan atlet usia dini dan pelaksanaan kompetisi berjenjang bagi para atlet esports Indonesia mulai dari level amatir hingga level profesional.

Menurut data saat ini, Indonesia memiliki tak kurang dari 45 juta pemain esports yang siap berpartisipasi di kejuaraan bertaraf internasional. Penyelenggaraan ini juga merupakan bentuk dukungan PB Esports Indonesia terhadap program pemerintah untuk meningkatkan sports tourism Indonesia.

Acara ini diyakini dapat menjadi momen emas untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai destinasi pilihan bagi penyelenggaraan event kelas dunia sekaligus membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi Indonesia pasca pandemi.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments