Berita  

Pendiri RaidForums Ditangkap, Server & 3 Domain Disita

Pendiri Forum Peretas RaidForums Ditangkap

Tersangka pendiri dan admin forum kejahatan siber internasional RaidForums bernama Diego Santos Coelho telah ditangkap di Inggris pada Januari lalu namun baru diumumkan pada Selasa (12 April 2022) oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Servernya juga telah disita oleh otoritas AS dan Eropa.

pemilik raidforums ditangkap

Dilansir Reuters, berdasarkan keterangan Departemen Kehakiman AS, Coelho adalah anak muda berusia 21 tahun. Ditangkap pada 31 Januari, dia sedang dalam proses ekstradisi untuk diadili di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Virginia.

domain raidforums disita

Departemen tersebut mengatakan telah memperoleh persetujuan pengadilan untuk menyita tiga nama domain berbeda yang menghosting situs web RaidForums: raidforums.com, Rf.ws, dan Raid.lol.

Berdiri sejak 2016, saat Coelho masih berusia 15 tahun, RaidForums dikenal sebagai tempat jual beli data hasil peretasan, termasuk data-data orang Indonesia yang diretas dari sejumlah perusahaan maupun institusi pemerintah. Kementerian Komunikasi dan Informatika berinisiatif memblokir aksesnya untuk pengguna internet Indonesia setelah kabar kebocoran data warga Indonesia bertubi-tubi muncul di RaidForums. Namun begitu, situsweb tersebut masih bisa diterobos dengan jaringan virtual pribadi (VPN).

Baca Juga : 

279 Juta Data Warga Indonesia Dijual Dalam Raidforums

Di antara jenis data yang tersedia untuk dijual di situs termasuk perutean bank dan nomor rekening yang dicuri, informasi kartu kredit, kredensial masuk, dan nomor jaminan sosial.

Dalam pernyataan bersama, Europol juga memuji penghapusan yang mengatakan pasar online RaidForums telah disita dalam operasi yang dikenal sebagai “Operasi Tourniquet,” yang membantu mengoordinasikan penyelidikan oleh pihak berwenang dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Swedia, Portugal, dan Rumania. .

“Gangguan selalu menjadi teknik utama dalam beroperasi melawan pelaku ancaman online, jadi menargetkan forum yang menampung sejumlah besar data curian membuat penjahat tetap waspada,” kata kepala Pusat Kejahatan Dunia Maya Eropa Europol, Edvardas ileris, dalam pernyataannya.

Selain Coelho, dikatakan dua orang yang diduga kaki tangannya juga ditahan. Namun, tidak ada rincian lebih lanjut tentang dua orang lainnya yang ditangkap.

Coelho menghadapi enam dakwaan, yang termasuk dalam jenis konspirasi, penipuan akses perangkat, dan pencurian identitas yang parah.

Diduga antara 1 Januari 2015 dan penangkapannya pada Januari 2022, dia mengendalikan dan menjabat sebagai kepala administrator situs tersebut.

“Untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas terlarang di platform, RaidForums membebankan kenaikan harga untuk tingkat keanggotaan yang menawarkan akses dan fitur yang lebih besar, termasuk status keanggotaan ‘Tuhan’ tingkat atas,” kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan.

Hudson Rock, sebuah perusahaan pemantau kejahatan dunia maya, menggambarkan RaidForums sebagai “forum kejahatan dunia maya global paling penting yang pernah ada dalam beberapa tahun terakhir”.

Baca Juga : 

Data JDIH BSSN Dibagikan Secara Gratis Di Raidforums

Sebelum pengumuman resmi terkait penangkapan pendiri raidforums, tanda-tanda penyitaan RaidForums telah terlihat oleh peneliti keamanan siber sejak akhir Februari lalu. Saat itu, forum tersebut tidak dapat diakses. . Sempat menampilkan halaman login, tapi pengguna ditolak untuk masuk.

Forum peretas yang memfasilitasi jual beli data bocor, RaidForums telah ditutup dan domainnya disita penegak hukum internasional. Penutupan ini setelah pendiri forum, Diogo Santos Coelho, selaku pendiri raidforums ditangkap pihak berwenang. Operasi penegakan hukum terhadap RaidForums dijalankan oleh otoritas gabungan, yakni Europol, Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA), Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), dan sejumlah pejabat penegak hukum Portugis, Swedia, serta Rumania. Operasi tersebut dinamai Operasi Tourniquet.

Dalam menjalankan operasinya, pejabat di masing-masing wilayah bertukar informasi. Tujuannya untuk memungkinkan penyelidikan peran berbeda para pelaku di RaidForums.

“Kami berhasil melakukan penutupan pasar online untuk jual beli data yang diretas atau dicuri,” kata asisten jaksa agung di Departemen Kehakiman AS Kenneth Polite Jr dikutip dari ZDNet, Kamis (14/4).

RaidForums merupakan wadah diskusi bagi orang yang gemar aktivitas pemboblan di dunia maya atau raid. Situs ini juga bisa menjadi tempat berbagi dokumen dan database yang bocor, seperti yang terjadi di Indonesia. Pada 2020, 13 juta data pengguna Bukalapak dan 15 juta data pengguna Tokopedia dijual di RaidForum.

Tahun lalu, data 279 juta penduduk Indonesia yang diduga berasal dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga dijual di forum tersebut. RaidForums telah memiliki lebih dari 530.000 anggota yang menjual 10 miliar data individu unik hingga sensitif.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments