Berita  

Perusahaan Startup CampusPedia Yang Tidak Manusiawi

Perusahaan Startup CampusPedia gaji 100 ribu per bulan

Berbagai lini media sosial dalam negeri mendadak ramai dengan cuitan salah satu akun terkait gaji anak magang hanya Rp100 ribu sebulan.

Tidak hanya itu, tuduhan yang diarahkan pada Campuspedia itu juga mengatakan, anak magang atau internship bakal didenda jika resign

Hal ini tentu sangat merugikan, bahkan bisa dibilang pemaksaan kerja dengan honor yang sangat kecil.

Hal ini pertama kali dicuitkan akun Twitter @taktekbum. Dalam cuitannya, anak magang itu menceritakan, startup di tempatnya magang memberikan tugas kerja sama seperti pegawai tetap namun upah tidak manusiawi.

Pasalnya, perusahaan itu hanya memberi upah Rp 100 ribu per bulan. Bahkan, nominal itu masih dipotong terkait performa, padahal hal itu tidak dijelaskan dalam kontrak kerja.

“Beberapa rekan kami yang kerjanya on track, tapi pada akhirnya cuma terima sekitar 100k untuk 3 bulan magang,” cuitnya melalui twitter.

Penderitaan anak magang itu tidak berhenti disitu, mereka bahkan mengaku kena denda hingga Rp500 ribu jika mengundurkan diri sebelum masa magang habis.

“Penalti 500k untuk setiap orang yang resign internship. Saya punya bukti beberapa teman saya yang membayar. Ada belasan intern yang resign, setidaknya pada angkatan internship saya,” sambung dia.

magang campuspedia dapatkan gaji 100 ribu / bulan

Tidak butuh waktu lama cuitan @taktekbum mendapatkan perhatian warganet hingga viral, yang kemudian, sebuah startup asal Surabaya Campuspedia mengakui kasus viral ini terjadi di lingkungan mereka.

Kalian bisa melihat langsung cuitan cuitan nya di twitter dengan akun @taktekbum.

“Memperhatikan situasi yang terjadi, serta menanggapi masukan dan kritik dari teman-teman, izinkan kami menyampaikan permohonan maaf,” tulis akun itu disertai unggahan permintaan maaf.

permintaan maaf ceo campuspedia

Dalam surat itu juga menunjukkan CEO Campuspedia bernama Akbar Maulana. Meski sudah meminta maaf, akun tersebut nampak diberi komentar negatif dari warganet.

Saya rasa dengan kejadian seperti ini, alangkah baiknya sebelum mulai magang kamu harus bener bener tau bagaimana track magang di tempat tersebut. kamu bisa mencari ataupun bertanya dengan orang lain yang telah selesai magang di tempat tersebut agar kejadian seperti ini tidak terulang.

Karena tidak menutup kemungkinan bahwa banyak startup lain yang melakukan hal seperti ini namun belum terungkap ke publik.

Sampai saat ini, hampir semua media sosial campuspedia telah diserbu dengan beragam komentar negatif. Yang merupakan efek dari keburukan startup yang telah viral.

koemntar negatif netizen campuspedia