Seruan Muslim Gelar Qunut Nazilah Untuk Palestina

  • Share
Seruan Muslim Gelar Qunut Nazilah Untuk Palestina – Umat Islam di penjuru dunia mengutuk kekerasan pasukan Israel pada warga Palestina yang beribadah Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, dan pengusiran warga dari rumah mereka di kawasan Syeikh Jarrah.Salah satu perlawanan yang dilakukan umat Islam adalah dengan membaca doa Qunut Nazilah. Doa Qunut Nazilah merupakan amalan yang berfungsi untuk menjauhkan umat muslim dari berbagai musibah dan marabahaya.
Doa Qunut antara lain dibacakan oleh imam Masjidil Haram, Syeikh as-Sudais, saat memimpin salat Tahajud dan Witir pada Selasa (11/5/2021) dini hari.
“Ya Allah, selamatkan Masjid Al-Aqsa dari segala kejahatan…,” begitu antara lain petikan doa yang terdengar seperti unggahan di bawah ini:
Di Masjid Nabawi, Madinah, sekitar 440 km dari Masjidil Haram, doa Qunut untuk keselamatan warga Palestina dan Masjid Al-Aqsa dari kekejaman aparat zionis Israel juga dilantunkan oleh Syeikh Salaah Al Budair yang memimpin salat.
“Ya Allah, tolonglah saudara-saudara kami yang tertindas, gantilah ketakutan mereka menjadi keselamatan dan ketenangan,” begitu potongan doa yang dilantunkan seperti diunggah di akun HaramainInfo di bawah ini:

Seruan di Indonesia

Di Indonesia, seruan membaca doa juga disampaikan oleh PWNU Jawa Timur. Mereka mengintruksikan kepada Nahdliyin di Jatim khususnya untuk membaca Qunut Nazilah dan Hizin Nashor di sisa bulan Ramadhan tahun ini, sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina.
Sementara itu, Presiden Jokowi mengutuk kekerasan oleh pasukan Israel di kepada warga Palestina di Masjid Al-Aqsa.
“Penggusuran secara paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, serta penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tak boleh diabaikan,” ujar Jokowi via akun Twitter pada Senin (10/5).
“Indonesia mengutuk aksi tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas kekerasan yang berulang kali dilakukan oleh Israel. Indonesia akan selalu berdiri bersama warga Palestina,” tegas Jokowi.
'Ya Allah, Selamatkan Masjid Al-Aqsa dari Segala Kejahatan' (1)
Warga bersujud di luar masjid Al-Aqsa di kota tua Yerusalem
Masjid Al-Aqsa adalah situs penting bagi umat Islam selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjid Al-Aqsa menjadi kiblat salat umat Islam sebelum kemudian diperintahkan untuk berpindah kiblat menghadap Ka’bah di Makkah. Masjid Al-Aqsa juga dipercaya sebagai tempat Nabi Muhammad SAW naik ke langit ketujuh pada peristiwa Isra Mikraj, untuk menerima perintah salat lima waktu dari Allah SWT.
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments