Apa Saja Fungsi Cpanel Pada Hosting

  • Share
Apa Saja Fungsi Cpanel Pada Hosting

Apa Saja Fungsi Cpanel Pada Hosting – Saat membeli Hosting tentu saja kalian akan mendapatkan berbagai pilihan, mulai dari lokasi server hingga control panel. dari sekian banyak control panel diantaranya directadmin,cyberpanel,plesk,webmin dan lainnya. namun tetap saja yang paling populer adalah Cpanel, tapi taukah kalian apa saja fungsi dari cpanel ini? yuk simak artikel ini ya biar ga salah paham.

Cpanel hosting yang sering digunakan ini berasal dari cpanel.net disitulah lisensi cpanel diperjual belikan untuk bisa menjalankan cpanel pada server vps ataupun dedicated.tentunya dengan harga yang beragam untuk tiap jumlah cpanel user.

Cpanel ini hanya tersedia pada sistem operasi Linux. Hampir semua pemerhati dunia web memasukkan cPanel dalam daftar hosting control panel yang populer. Hosting control panel ini cocok untuk Anda para pemula dan pengembang yang memilih fungsi konsol daripada desain yang terlihat mengesankan. Terdapat beragam fitur yang dapat dengan mudah Anda akses dalam satu halaman.

Beberapa fitur utama cPanel adalah pengaturan nama domain, registrasi, dan transfer, manajemen email dan spam, fitur keamanan dari mulai pemblok IP hingga proteksi leech, pemonitor performa server, file manager dan FTP users creation, dan backup. Pengoperasian cPanel tidak sulit. Anda hanya memerlukan beberapa klik agar operasi dapat dilakukan. Terdapat deskripsi singkat yang menjelaskan masing-masing opsi.

Sederhananya, fungsi cPanel adalah untuk memudahkan pengguna mengelola web hosting-nya karena cPanel merupakan pengubung antara pengguna dengan program-program pendukung website di web hosting atau web server. Berikut dibawah ini beberapa fungsi dari cPanel.

1. Memudahkan Pengaturan dan Manajemen Email

Dengan cPanel, Anda dapat mengelola email Anda seperti membuat email baru, menghapus email, mengedit email, membuat email forwarder, mengirim dan membalas email. Umumnya, jumlah email yang disediakan terbatas yakni tergantung dengan jenis jasa hosting yang Anda gunakan seperti 20 email untuk setiap domain.

2. Memudahkan Pengelolaan File Website

Anda dapat melakukan pengelolaan file di cPanel seperti menghapus, menyunting, dan menyalin file website yang di-hosting. Bukan hanya itu saya, cPanel juga menyediakan pengaturan FTP yang memungkinkan Anda untuk mengakses file website dari aplikasi FTP Client tanpa harus masuk ke cPanel terlebih dahulu.

3. Memudahkan Konfigurasi Keamanan

Anda dapat melakukan konfigurasi keamanan pada folder atau file di web hosting yaitu dengan  menggunakan fitur Password Protect Directories.

4. Memudahkan Pengelolaan Domain

Dengan cPanel, Anda dapat mengelola domain dan subdomain Anda seperti menggantinya dengan domain baru, menambahkan domain baru, menghapus domain, membuat dan mengatur subdomain.

5. Memudahkan Pengelolaan Database

cPanel menyediakan fitur MySQL dan phpMyAdmin sehingga memungkinkan pengguna untuk mengelola database mereka seperti penambahan dan modifikasi database. Selain itu, Anda juga dapat membuat atau menghapus nama atau user database MySQL

6. Menampilkan Spesifikasi Server

Melalui cPanel, Anda dapat melihat spesifikasi server yang Anda gunakan seperti proccessor, RAM, Disk, dan yang lainnya.

7. Melihat Statistik Pengunjung Website

Anda dapat melihat statistik dari pengunjung website Anda di cPanel dengan mengklik AWStats pada bagian Logs. Di cPanel, Anda dapat melihat beberapa statistik yaitu statistik pengunjung, statistik negara asal pengunjung, statistik sistem operasi yang digunakan dan statistik browser yang digunakan.
8. Menginstal Instant Script Website
Membuat website menjadi lebih mudah dengan menggunakan instant script website. Cukup instal instant script website yang Anda inginkan di cPanel seperi joomla, wordpress, dan yang lainnya.

9. Memudahkan Konfigurasi Modul PHP 

Agar website Anda berjalan dengan baik maka Anda harus menyesuaikan versi PHP yang digunakan beserta modul – modul yang tersedia. Disini, cPanel memungkinkan pengguna untuk memilih versi PHP yang akan digunakan. Anda bahkan bisa menginstal sendiri PHP Extension dari file terpisah.

10. Memudahkan Proses Backup dan Restore Website

Dengan cPanel, Anda dapat melakukan backup dan restore seluruh data dan database pada website Anda.

Gimana? udah tau fungsinya cpanel kan? nah jika begitu di pembahasan selanjutnya kita akan bahas mengenai WHM yang juga berhubungan dengan Cpanel. dan bagia kalian yang mau menggunakan hosting super cepat dengan harga terjangkau pastinya di AnymHost.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments