Apa Itu NFT (Non-Fungible Token) Yang Ramai Dibicarakan

  • Share
NFT atau Non-Fungible Token Artikel ini telah diterbitkan di My24hours.net dengan judul: - Cara Membuat dan Menjual Karya Seni NFT untuk Dapat Mata Uang Kripto - dengan tautan: https://my24hours.net/teknologi/cara-membuat-dan-menjual-karya-seni-nft-untuk-dapat-mata-uang-kripto/

NFT atau Non-Fungible Token selama tahun 2021 ini semakin berkembang di negara-negara Barat. NFT juga memiliki arti ‘token yang tidak dapat dipertukarkan’. NFT dapat berbentuk gambar, lagu, atau video apa pun yang dapat disimpan secara digital.

Apa itu NFT?

NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, hingga video.NFT bisa dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency atau mata uang kripto dan umumnya dikodekan dengan software yang sama dengan banyak kripto.

Mengutip Forbes, NFT sudah ada sejak tahun 2014 dan saat ini menjadi terkenal karena menjadi cara yang populer untuk membeli atau menjual karya seni digital.NFT juga umumnya satu dari jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, dan memiliki kode pengenal yang unik.

“Pada dasarnya, NFT menciptakan kelangkaan digital,” kata Arry Yu, ketua Dewan Asosiasi Industri Teknologi Washington Cascadia Blockchain dan direktur pelaksana Yellow Umbrella Ventures.

NFT dapat dikatakan juga sebagai ‘sepupu’ cryptocurrency, seperti Bitcoin atau mata uang kripto lainnya yang disimpan di blockchain.

Diketahui blockchain adalah database, dengan setiap unit data digital satu blok dan semua blok dirantai bersama.

Baca Juga : Pencipta Coin Crypto Squid Game Kabur Dengan Membawa Jutaan Dollar

Contoh NFT

Seniman digital terkenal Mike Winklemann atau lebih dikenal sebagai “Beeple” membuat gabungan dari 5.000 gambar harian untuk menciptakan NFT yang mungkin paling terkenal saat itu, “EVERYDAYS: The First 5000 Days,” yang dijual di Christie’s dengan memecahkan 69,3 juta dolar AS.

Dikarenakan NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli dan berisi otentikasi bawaan, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan. Kolektor menghargai “hak membual digital” itu hampir lebih dari barang itu sendiri.

Sebuah NFT bukan hanya seni yang diperjualbelikan. Pendiri Twitter Jack Dorsey telah mempromosikan NFT dari cuitan pertamanya di Twitter, dengan tawaran mencapai 2,5 juta dolar AS.

pendiri twitter

Cuitan pertama pendiri Twitter Jack Dorsey yang dijual sebagai NFT

Mengapa NFT penting?

Tiap-tiap NFT memiliki keunikannya sendiri dan berbeda dari NFT yang lain. Sebuah NFT juga tidak akan sama dengan NFT lainnya, baik dalam hal properti maupun nilai.

NFT tersimpan di blockchain, yang merupakan buku besar publik terdistribusi yang mencatat transaksi. Mungkin kita sering mendengar blockchain untuk tempat penyimpanan kripto.

Anda dapat menyimpan gambar atau video yang Anda sukai dan memilikinya secara gratis, tetapi NFT memungkinkan mengetahui Anda memiliki barang asli dan otentik

“NFT seperti token lainnya, ia memiliki otentikasinya sendiri,” kata Merav Ozair, PhD, pakar blockchain dan anggota fakultas fintech di Rutgers Business School.

“Oleh karena itu, Anda memiliki kepemilikan yang dapat Anda tunjukkan,” ujarnya.

NFT memungkinkan orang untuk membeli dan menjual aset digital tidak seperti sebelumnya. Sementara cryptocurrency dapat digunakan secara bergantian, NFT memiliki kode identifikasi unik yang disimpan di blockchain yang membedakan masing-masing NFT.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments