Project Buramato, Game Mirip Genshin Impact Ala Kalimantan

  • Share
Project Buramato, Game Mirip Genshin Impact Ala Kalimantan

Pengembang game indie asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Ozysoft bakal membuat sebuah game petualangan tiga dimensi (3D) yang memiliki working title “Project Buramato“.

Hal itu diumumkan Ozysoft melalui sebuah video trailer di YouTube baru-baru ini. Berdasarkan video tersebut, game ini sekilas memiliki tampilan yang menyerupai game petualangan populer macam Genshin Impact dan Zelda: Breath of The Wild.

 

Sebab, karakter dalam game tersebut bisa menelusuri sebuah dunia open-world bernama Buramato, yang dipenuhi dengan berbagai pemandangan seperti padang rumput, tebing, bukit, air terjun, hingga sungai.

Karakter utama di game tersebut juga terlihat ditemani dengan pemandu mungil yang sekilas mirip dengan Paimon di Genshin Impact.

Sembari menelusuri Buramato dengan sudut pandang orang ketiga (third-person view), pemain lantas akan turut dipertemukan dengan beragam monster mistis raksasa yang mengigatkan pada game populer di PS2, Shadow of the Colossus.

Baca Juga : Mainkan Game Salam Dari Binjai Yang Viral

Terinspirasi dari mitologi Kalimantan

project buramato
Ilustrasi game Project Buramato.(Ozysoft)

Founder Ozysoft, Fahrurrozy Yasin, mengatakan monster-monster yang akan muncul di Project Buramato diadaptasi dari berbagai cerita mitologi di pulau Kalimantan, seperti di daerah Paser di Kalimantan Timur.

Termasuk kisah di balik mahluk-mahluk yang ada di trailer tersebut seperti Iwak Lodan, Lekan Monde, Ma’ingu dan masih banyak lagi.

Alur cerita Project Buramato sendiri, lanjut Ozy, terinspirasi dari salah satu suku di Kalimantan, Dayak Paser. Meski demikian, game tersebut diklaim akan melibatkan banyak elemen mitologi dari seluruh penjuru Pulau Kalimantan.

Kami juga banyak mengambil inspirasi daerah lain yang tentunya masih termasuk dalam ruang lingkup mitologi Borneo.

Ozy menambahkan, game petualangan ini sebenarnya berbeda dari game horor Pulang: Insanity yang dirilis Ozysoft pada 13 Maret 2020 lalu.

Melalui Project Buramato, Ozysoft memiliki visi untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan ingin menjangkau lebih banyak pemain di genre yang berbeda.

Pulang: Insanity sendiri sebenarnya sudah kental dengan budaya mistis di pulau Kalimantan, namun rating game tersebut adalah untuk dewasa dan bakal berbeda dengan game fantasy Project Buramato yang bisa dimainkan oleh remaja.

Ide untuk memproduksi game ber-genre petualangan terlintas di benak Ozy karena dia memang gemar memainkan aneka game jenis ini sejak kecil, seperti seri Final Fantasy dan game serupa lainnya.

Saya ingin mewujudkan mimpi saya untuk membangun karya ber-fantasy dengan aspek-aspek kearifan lokal yang di kemas sesuai dengan standar global.

Baca Juga : Sistem Pragati OS Buatan Google Hadir Di India

illustrasi game project buramato
illustrasi game project buramato

Versi Alpha rilis di Steam kuartal IV-2021 Lihat Foto Ilustrasi game Project Buramato.(Ozysoft) Kendati tampilannya sudah terlihat melalui trailer, Ozysoft belum mengumumkan tanggal rilis Project Buramato. Peminat nantinya akan bisa menjajal versi Alpha Demo dari game tersebut pada kuartal IV-2021 melalui platform distribusi game PC, Steam.

Selain PC, Ozy mengatakan berencana ikut merilis game ini di platform lain seperti konsol dan mobile. “Tetapi semuanya masih sebatas wacana dan masih dalam tahap persiapan,” jelasnya.

Tampilan Project Buramato dalam video trailer merupakan versi awal yang belum tentu sama dengan versi finalnya nanti. Nama gamenya sendiri pun pun masih bisa berubah karena merupakan working title, alias judul atau proyek yang tengah dikembangkan.

Satu hal yang pasti, game ini akan fokus di eksplorasi dan atmosfir dunia Buramato dengan alur cerita yang minimalis, dibekali dengan berbagai elemen mistis dan gameplay dengan mekanisme magis untuk memperkuat budaya khas Kalimantan.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments