Cara Mencegah Terkena Ransomware

  • Share
Cara Mencegah Terkena Ransomware

Cara Mencegah Terkena Ransomware – Akhir akhir ini banyak sekali yang bertanya di grup grup IT seputar Ransomware. Banyak juga korban yang terkena dengan berbagai ekstensi Lock yang berbeda beda.

Kalau kalian belum tau apa itu Ransomware disini saya jelaskan sedikit. Ransomware adalah sejenis malware yang menyerang sistem komputer dengan tujuan untuk mengunci data pengguna dengan enkripsi tertentu.

Biasannya sang pembuat Ransomware ini akan memberikan penawaran untuk membuka data yang dienkripsi dengan membayar tebusan ke alamat Crypto biar aman dan tidak terlacak.

Oke langsung saja kita ke cara mencegah terkena ransomware.karena mengatasi akan lebih mudah daripada menyelesaikan masalah.

1. Backup Data Eksternal

Kalau kalian punya data penting, pastikan untuk membuat backup atau salinan di tempat lain. agra nantinya jika ada masalah yang terjadi data kita tetap aman.

2. Aktifkan Software Security

Software security bisa memblokir beberapa Ransomware dan menghapusnya dari penyimpanan sistem. jika di windows akan ada Windows Defender pastikan aktif lalu kalian juga bisa menambah dengan Software lain seperti, Kapersky, BitFDevender, AVG , dan lain sebagainya.

3. Pastikan Mendownload File Aman

Ini nih buat yang suka download game game ataupun aplikasi bajakan. kebanyakan korban ransomware akhir akhir ini karena sering mendownload aplikasi bajakan yang tidak terverifikasi keamanan nya.

Jika ingin mendownload file yang tidak resmi pastikan untuk scan file terlebih dahulu.

https://www.virustotal.com/

Dengan web tersebut kalian bisa scan website tempat kalian mendownload beserta filenya juga. lumayan cocok untuk berjaga jaga.

4. Update Software Secara Rutin

Versi software yang telah lama, akan mengakibatkan munculnya celah celah keamanan. karena di setiap update Software kebanyakan karena perbaikan Bug ataupun Penambahan sistem agar lebih baik.

Terkena ransomware bukan akhir dari segalanya, kok. Ada kemungkinan file bisa dibuka dengan decryptor yang tersedia gratis. Kalaupun tidak, segera laporkan kasus di No More Ransom untuk diteliti lebih lanjut.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments