Kini Jumlah Like Di Facebook & Instagram Bisa Disembunyikan

  • Share
Kini Jumlah Like Di Facebook & Instagram Bisa Disembunyikan

Kini Jumlah Like Di Facebook & Instagram Bisa Disembunyikan – Setelah dilakukan uji coba di berbagai negara, Instagram serta induknya Facebook resmi menawarkan pada user untuk menyembunyikan jumlah Like. Jadi, Like bisa tidak ditampilkan lagi jika pengguna menginginkannya.

Instagram telah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes guna melihat apakah hal ini dapat mengurangi tekanan sosial serta mental yang dialami para pengguna di layanannya. Berdasarkan masukan dari para pengguna dan ahli, sebagian pengguna menilai bahwa mereka merasakan manfaat ketika tidak melihat jumlah likes.

Akan tetapi, sebagian pengguna lainnya merasa tetap ingin melihat jumlah likes pada postingan untuk mengetahui konten apa yang tengah populer dan trending saat ini. Dari masukan tersebut, Instagram memberikan pilihan menentukan sendiri pengalaman terbaik mereka masing-masing.

Instagram dan Facebook juga mengumumkan cara baru bagi para pengguna untuk menyaring konten yang kurang menyenangkan yang mereka terima di DM, serta apa yang mereka lihat dan bagikan di Facebook News Feed – seperti Feed Filter Bar, Favorites Feed, dan Choose Who Can Comment.

“Mulai hari ini, kami memberikan opsi kepada Anda untuk menyembunyikan semua jumlah likes pada postingan di timeline Feed Anda,” ujar Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik, dalam pernyataannya, Kamis (27/5/2021).

“Lebih dari itu, Anda juga bisa menentukan kapan Anda ingin menyembunyikan tampilan jumlah likes pada postingan tertentu sehingga pengguna lain tidak dapat melihat jumlah likes yang Anda dapatkan. Dengan begitu, Anda pun dapat lebih fokus pada kualitas foto dan video yang dibagikan daripada jumlah likes yang didapatkan,” tambah dia.

Sembunyikan Like Instagram

Pengguna dapat menyembunyikan jumlah likes dengan mengunjungi bagian ‘Postingan’ di Pengaturan Privasi. Pengaturan ini berlaku untuk seluruh postingan pada timeline di Feed Instagram Anda, sehingga Anda tidak akan melihat jumlah likes yang didapatkan pengguna lain.

Selain itu,user juga dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah likes sebelum memposting sebuah konten. User dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini, bahkan setelah memposting konten. Selain Instagram, Facebook juga akan memiliki fitur serupa.

“Instagram memahami bahwa pengguna menginginkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal pengaturan tampilan jumlah likes pada postingan mereka, sehingga perusahaan menghadirkan opsi tersebut. Dalam beberapa minggu ke depan, Anda akan mulai melihat kedua pengaturan ini juga tersedia di Facebook,” papar Instagram.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments