Cara Membuat ChatBot Whatsapp Untuk Bisnis

Membuat ChatBot Whatsapp Gratis

Chatbot WhatsApp merupakan software pintar berbasis artificial intelligence (AI) yang diintegrasikan atau dijalankan dalam platform WhatsApp. Nantinya, chatbot bakal berkomunikasi sama pelanggan secara instan dan mudah lewat chat.

Kenapa sih pilih platform WhatsApp? Pada tahun 2021, aplikasi pesan instan ini tercatat telah mengalami peningkatan pengguna yang cukup signifikan, nih. Angkanya cukup besar lho, sekitar 40% sejak pandemi virus corona dimulai. Kalau melihat dari peningkatan angka pengguna yang cukup tinggi, sepertinya hal ini udah bisa jadi alasan buat memilih WhatsApp Chatbot sebagai pilihan yang tepat.

Baca Juga : 

Cara Cepat Masuk FYP di Tiktok

Keuntungan ChatBot Whatsapp

Cara Membuat ChatBot Whatsapp

Chatbot WhatsApp, seperti yang kamu-kamu ketahui, punya banyak banget manfaat untuk efisiensi bisnis. Mulai dari hemat waktu dan biaya, responsif sepanjang hari selama 24 jam serta super gampang digunakan.

Jadi, buat kalian yang ingin meningkatkan customer experience dan angka penjualan, penggunaan fitur canggih ini wajib banget nggak perlu ditanya!

Kalau masih ragu, fakta ini dijamin bakal bikin kamu berubah pikiran, guys. Seperti dilansir dari blog chatbiz.id, berkat chatbot, sebuah perusahaan transportasi besar di Negeri Paman Sam bisa mengantongi banyak keuntungan lewat pesanan yang meningkat tajam hingga 25%, biaya yang jadi lebih hemat sampai 1 juta dolar dan pemesanan tiket pun melonjak drastis sebesar 30%.

Proses Pembuatan

proses pembuatan chatbot

1. Dapatkan WhatsApp Business API

API atau Application Program Interface merupakan perangkat antarmuka, bisa berupa fungsi, metode atau URL endpoint, yang dipakai untuk mengembangkan aplikasi, entah itu di dalam satu platform maupun antar platform.

Nah, dengan WhatsApp Business API kamu bisa berkomunikasi dengan lebih efisien, salah satunya untuk memakai chatbot. Tapi, WhatsApp Business API ini nggak seperti aplikasi-aplikasi yang bisa kamu download dan install di AppStore atau PlayStore.

Untuk bisa memakai WhatsApp Business API, kamu harus punya akun terverifikasi terlebih dahulu. Ada beberapa proses yang perlu kamu lalui untuk melakukan verifikasi dengan cara mengisi informasi detail mengenai perusahaanmu, mulai dari surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank dan info penting lainnya.

Nah, proses verifikasinya pun nggak bisa instan begitu pengisian data selesai. Butuh waktu berminggu-minggu. Bahkan setelah itu, bukan nggak mungkin proses verifikasimu gagal, lho,

 

2. Install Whatsapp Business

Aplikasi WhatsApp Business diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan pelanggan dan meningkatkan pengalaman belanja oleh pelanggan, sehingga WhatsApp Business ini bisa digunakan oleh berbagai bidang bisnis. Mulai dari bisnis atau perusahaan kecil, menengah, hingga perusahaan berskala besar.

Setelah aplikasi terpasang ke dalam device-mu, kamu bisa mulai membuat akun bisnismu. Eits, tapi sebelum itu, kamu harus daftar ‘Pengelola Bisnis’ dulu dan jangan lupa selesaikan ‘Verifikasi Bisnis’. Kamu belum bisa membuat akun WhatsApp Business kalau langkah ini belum selesai.

Pastikan nama bisnis yang kamu masukkan adalah nama yang sesuai, ya. Karena, nama akun bisnis pada WhatsApp Business tak bisa diubah kembali, lho. Kalau verifikasi selesai, barulah kamu bisa membuat akun WhatsApp Business-mu.

 

Baca Juga : 

Cara Menggunakan Font Bergaya Keren Di Whatsapp

 

3. Integrasikan Dengan ChatBot

Setelah kamu mengatur seluruh akun whatsapp business milikmu, langkah terakhir adalah mengintegrasikan dengan whatsapp business API yang telah didapatkan. lalu setelah di integrasikan kalian bisa bebas mengatur respon chatbot whatsapp, mulai dari balas otomatis, broadcast dan lainnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments