Mencari Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri? Persiapkan Dulu Hal Penting Ini

Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Kuliah di luar negeri merupakan salah satu keinginan dari banyak orang baik yang sudah lulus SMA/sederajat bahkan yang masih dibawahnya.

Namun walaupun begitu banyak orang yang menginginkan kuliah di luar negeri, faktanya masih banyak yang belum tau apa saja yang harus dilakukan.

Terutama untuk yang mencari beasiswa kuliah ke luar negeri, ada persiapan beasiswa kuliah luar negeri yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. dalam artikel ini kita akan memberikan informasi tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan.

Persiapan Kuliah Luar Negeri

1. Riset Lembaga Penyedia Beasiswa

Lembaga Penyedia Beasiswa

Bagaimana kita tau kalau ada beasiswa ke luar negeri? tentu saja kita harus melakukan riset terlebih dahulu. kalian bisa mencari beragam info tentang beasiswa pada mesin pencarian Google atau Sosial Media. Selain itu kamu juga bisa bertanya pada Guru, Teman atau orang terdekat mu.

Setelah dapat infonya pastikan kamu melakukan riset lebih lanjut mengenai program beasiswa apa yang ditawarkan.  dan yang paling penting jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia beasiswa agar tidak terjadi salah paham.

2. Dapatkan Prestasi

Prestasi terutama dalam bidang akademik sangat diperlukan sebagai modal untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Karena banyak penyedia beasiswa walaupun hanya memberikan opsional untuk prestasi namun itulah yang bisa menjadi nilai tambah.

Jadi untuk yang saat ini masih SMA/sederajat alangkah baiknya mencari prestasi sebanyak mungkin melalui perlombaan ataupun sebagainya, terutama yang berhubungan langsung dengan jurusan kuliah yang diinginkan.

3. Pelajari Bahasa Inggris

Karena kita ingin kuliah di luar negeri, tentunya kita perlu belajar bahasa yang digunakan agar kita bisa berkomunikasi dengan baik. Bahasa inggris jadi salah satu bahasa yang sangat diperlukan karena merupakan bahasa international yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi di berbagai negara.

Kamu bisa mengikuti tes seperti TOEFL ataupun IELTS agar bisa mendapatkan dokumen hasil nilai bahasa inggris mu.

Baca Juga : 

Kemudahan menjadi Donatur dengan Platform BerbuatBaik.ID

4. Surat Rekomendasi

Kalau bahas surat rekomendasi jadi seperti mencari orang dalam ya, tapi tentu saja tidak. surat rekomendasi ini hampir sama seperti prestasi , beberapa penyedia beasiswa menaruh pilihan opsional yang artinya tidak wajib.

Untuk mendapatkannya kamu bisa meminta surat rekomendasi kepada guru sekolah, kepala sekolah, ataupun guru les . karena surat ini juga lumayan penting sebagai penilaian layak atau tidaknya kamu untuk menerima beasiswa dari penyedia.

5. Membuat CV, Essai, Motivation Letter

Pada poin ini akan dijelaskan satu persatu secara singkat apa itu CV, Essai dan Motivation Letter.

Contoh CV

Cv atau Curriculum Vitae merupakan resume atau catatan yang berisi biodata diri, seperti nama, riwayat pendidikan, berbagai prestasi dan lain sebagainya.

essay beasiswa

Essai disini adalah sebuah tulisan yang berisi karangan ataupun informasi mengenai sebuah tema yang digunakan.kalau disini kita membahas beasiswa maka tentunya isi essai mengenai beasisw.

Motivation Letter

Motivation Letter merupakan tulisan yang berisi alasan dan tujuan kenapa kamu memilih beasiswa dan apa yang akan kamu lakukan setelah dan selama menjalani program beasiswa tersebut.

6. Persiapan Interview

Persiapan Interview

Hampir semua beasiswa pastinya ada tahap interview, dalam proses interview tidak harus penyedia memberikan pertanyaan kepada kamu. tapi kamu bisa memberi penjelasa mengenai bagaimana dirimu agar penyedia bisa menannyakan sesuatu tentang dirimu.

Tentunya akan perlu latihan karena kebanyakan orang akan gugup pada saat interview dan akhirnya tidak bisa berfikir jernih kan berakhir kacau.

kamu bisa latihan interview dengan keluargamu ataupun teman dekatmu, agar nantinya saat interview kamu bisa melakukannya dengan tenang.

 

Nah mungkin itu saja hal penting yang perlu dipersiapkan, mungkin cukup banyak dan perlu waktu lama untuk mempersiapkannya.

Untuk kalian yang bingung harus mulai darimana? jangan khawatir , kalian bisa bertanya kepada layanan bimbingan beasiswa untuk persiapan kuliah di luar negeri. Kalian bisa mengunjungi schoters.com untuk info lebih lanjutnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments