Pemerintah Kabupaten Magelang Bagikan Data Penduduk

  • Share
Pemerintah Kabupaten Magelang Bagikan Data Penduduk

Pemerintah Kabupaten Magelang Bagikan Data Penduduk – Pemerintah Kabupaten Magelang sebelumnya meluncurkan situs yang berisi tentang data masyarakat di Kota Seribu Bunga itu.Dalam situs tersebut, Pemkab Magelang merilis secara transparan data-data penduduknya.Hal tersebut menjadi kontroversi oleh banyak pihak mengingat yang dipaparkan adalah identitas penduduk di Kabupaten Magelang.

Pihak Kabupaten Magelang menjelaskan dalam rilis resminya bahwa transparansi tersebut merupakan open data.Data tersebut dapat digunaka secara bebas dan didistribusikan ulang oleh siapa saja.Di dalam data tersebut, ada nomor KK dan NIK penduduk Kabupaten Magelang.

Open data dari Kabupaten Magelang.

Sebelumnya, situs open data yang disediakan oleh Pemkab Magelang masih bisa dibuka pada Minggu, 6 Juni 2021 sekitar pukul 15.10 WIB.Namun, setelah viral di jagad media sosial, situs tersebut sudah tidak bisa dibuka lagi mulai pukul 15.30 WIB.Hingga kini, situs tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.

Sebelum situs tersebut ditutup, ada beberapa data penduduk yang masih bisa diakses.Namun, tidak semua data penduduk di Kabupaten Magelang tercantum di dalam situs tersebut.

Berikut ketentuan open data yang sempat viral di media sosial:

 

1. Ketersediaan dan akses (Availability dan Access) yaitu data harus tersedia secara penuh, diutamakan dapat diunduh melalui internet

2. Data juga harus dtersedia dalam bentuk yang tepat dan dapat dimodifikasi. Digunakan kembali dan didistribusikan ulang (Re-use dan Redistribution)

3. Data harus di bawah ketentuan yang mengizinkan penggunaan kembali dan pendistribusian ulang termasuk menggabungkan dengan set data lain

4. Setiap orang dapat menggunakan, menggunakan ulang, dan mendistribusikan tanpa adanya diskriminasi.***

  • Share
wpDiscuz
Exit mobile version