Berita  

Tonton Peluncuran Teleskop Pencari Alien James Webb Hari Ini

teleskop james webb

Peluncuran Teleskop James Webb (JWST) akan disiarkan secara live di kanal-kanal penyiaran milik Badan Penerbangan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Teleskop ini akan diluncurkan pada hari ini atau tepat hari perayaan Natal sekitar pukul 19.20 WIB dari landasan peluncuran di pelabuhan antariksa di Kourou, Guyana Prancis.

Peluncuran teleskop Webb dapat disaksikan secara live mulai dari pukul 18.00 WIB di kanal Youtube, akun resmi Twitter, dan akun Facebook NASA.

Sebelumnya peluncuran teleskop Webb sempat tertunda beberapa kali karena sejumlah masalah. Namun sejarah akan kembali terukit dalam dunia astronomi internasional.

Kehadiran teleskop ini akan membawa lebih banyak informasi baru tentang alam semesta dibandingkan pendahulunya, teleskop Hubble yang telah beroperasi selama 30 tahun.

Teleskop Webb dengan teknologi penangkap gelombang inframerahnya disebut 100 kali lipat lebih hebat daripada Teleskop Hubble. Teleskop ini untuk mempelajari benda-benda sekaligus kemungkinan ada fenomena unik di ruang angkasa.

Ada lima fakta menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb yang segera diluncurkan ini,sebagai berikut.

1.Dilengkapi cermin emas raksasa

Tak hanya dibekali teknologi yang sangat canggih, Teleskop Luar Angkasa James Webb juga dilengkapi cermin emas raksasa.

Fitur ini adalah pusat teleskop, berupa cermin berukuran sangat besar, struktur cekung dengan lebar 6,5 meter dan terdiri dari 18 cermin heksagonal yang lebih kecil.

Cermin-cermin pada Teleskop Luar Angkasa James Webb ini terbuat dari berilium yang dilapisi dengan emas, dioptimalkan untuk memantulkan cahaya inframerah dari jangkauan jauh alam semesta.

Teleskop Luar Angkasa James Webb segera diluncurkan ini juga dilengkapi empat instrumen ilmiah, yang sama-sama memenuhi dua tujuan utama dari teleskop ini, yakni pencitraan objek kosmik, dan spektroskopi.

2. Ditempatkan di orbit Bumi

NASA akan menempatkan teleskop luar angkasa itu sejauh satu juta mil dari Bumi, atau kira-kira jaraknya empa kali jarak Bumi ke Bulan. Berbeda dengan teleskop Hubble, teleskop luar angkasa utama ini berputar mengelilingi planet Bumi, sedangkan teleskop James Webb akan mengorbit Matahari.

Perjalanan yang dibutuhkan teleskop James Webb untuk mencapai lokasinya yakni sekitar satu bulan. Lokasi tersebut juga dikenal sebagai titik Lagrange kedua, atau L2. Sementara astronot telah dikirim untuk memperbaiki teleskop Hubble, tidak ada manusia yang pernah melakukan perjalanan sejauh orbit yang direncanakan pada teleskop James Webb.

3. Origami Teleskop berteknologi tertinggi

Teleskop ini berukuran sangat besar, sehingga tentu tidak mudah untuk mengirimnya ke luar angkasa, apalagi dengan lokasi orbit yang sangat jauh dari Bumi. Teleskop ini pun harus diangkut dengan metode origami.

Sekitar 30 menit setelah roket yang membawa teleskop tersebut lepas landas, antena komunikasi dan panel surya yang memasok energi akan dipasang. Teleskop ini juga dilengkapi dengan ‘tabir surya’ atau pelindung khusus yang hingga kini masih terlipat seperti akordeon.

Pelindung tersebut akan terbuka yang diperkirakan pada hari keenam, setelah teleskop tersebut melewati Bulan.

5. Dikembangkan puluhan tahun

Pengembangan teleskop ini dibutuhkan waktu yang sangat lama. Pasalnya, puluhan tahun atau beberapa dekade telah dihabiskan untuk menciptakan teleskop terkuat di alam semesta tersebut.

Para astronom mulai memperdebatkan teleskop luar angkasa yang seharusnya menggantikan teleskop Hubble pada 1990-an. Konstruksi awal dimulai pada tahun 2004. Bahkan, peluncuran teleskop luar angkasa ini terus diundur, dari yang semestinya direncanakan pada tahun 2007.

Teleskop ini juga pernah direncanakan diluncurkan pada tahun 2018, namun kembali diundur karena kerumitan pengembangannya. Teleskop Luar Angkasa James Webb dikembangkan hasil dari kolaborasi para ilmuwan internasional, sedikitnya 10.000 orang mengerjakan proyek pembangunan teleskop terkuat ini.

Exit mobile version