Aplikasi Android Berikut Berisi Malware Joker, Segera Hapus!

  • Share
Malware Joker

Aplikasi Android yang berisi malware Joker kembali ditemukan. Kali ini, peneliti keamanan menemukan tujuh aplikasi Android yang menyimpan malware Joker.
Berdasarkan cuitan dari analis malware Kaspersky Tatyana Shishkova, tujuh aplikasi ini berbahaya karena malware Joker bisa menguras isi dompet korban.

Setelah ponsel terinfeksi, malware ini akan memaksa korbannya untuk berlangganan layanan SMS premium. Korban pun terancam mendapatkan tagihan dalam jumlah besar setiap bulannya tanpa sepengetahuan mereka.

Shishkova mengatakan ketujuh aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play Store. Tapi pengguna yang sudah terlanjur mengunduh aplikasi-aplikasi ini diimbau untuk segera menghapusnya dari ponsel mereka untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Berikut daftar tujuh aplikasi berisi malware Joker yang baru saja ditemukan, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (15/11/2021):

  1. Now QRcode Scan – Lebih dari 10.000 download
  2. EmojiOne Keyboard – Lebih dari 50.000 download
  3. Battery Charging Animations Battery Wallpaper – Lebih dari 1.000 download
  4. Dazzling Keyboard – Lebih dari 10 download
  5. Volume Booster Louder Sound Equalizer – Lebih dari 100 download
  6. Super Hero-Effect – Lebih dari 5.000 download
  7. Classic Emoji Keyboard – Lebih dari 5.000 download

Untuk menjaga agar ponsel kalian tidak terkena serangan malware tersembunyi, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan. Pertama, selalu cek kolom review aplikasi dan deskripsinya di Google Play Store.

Baca juga: Daftar Aplikasi Pinjol Illegal

Selain itu, cek permissions apa saja yang dimintai oleh aplikasi. Aplikasi yang terlalu banyak meminta permissions, atau meminta permission yang tidak berkaitan dengan aplikasi patut dicurigai. Terakhir, hanya unduh aplikasi dari developer yang terpercaya.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments