Tutorial Install NodeJs Di Windows

Node.js adalah platform yang dibangun di atas runtime JavaScript Chrome agar mudah membangun aplikasi jaringan yang cepat dan terukur. Node.js ini open source server environment dan menggunakan model I/O yang membuatnya ringan dan efisien, sempurna digunakan untuk aplikasi real-time data-intensif yang berjalan di perangkat terdistribusi. Aplikasi Node.js ditulis dalam JavaScript, dan dapat dijalankan dalam runtime Node.js di OS X, Microsoft Windows, dan Linux.

Tutorial Install NodeJs Di Windows

Untuk menginstall Node.js, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengunduh framework Node.js. Framework Node.js tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Ubuntu dan OS X. Setelah framework Node.js diinstal, Anda dapat mulai membangun aplikasi Node.js pertama Anda.

Fitur Node.JS

Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang menjadikan Node.js pilihan pertama pengembang perangkat lunak.

Asynchronous dan Event Driven

Semua API dari perpustakaan Node.js adalah asynchronus, yaitu non-blocking. Ini pada dasarnya berarti server berbasis Node.js tidak pernah menunggu API untuk mengembalikan data. Server pindah ke API berikutnya setelah memanggilnya dan mekanisme pemberitahuan Acara Node.js membantu server untuk mendapatkan respons dari panggilan API sebelumnya.

Very Fast & No Buffering

Dibuat di V8 JavaScript Engine Google Chrome, perpustakaan Node.js sangat cepat dalam eksekusi kode. Aplikasi Node.js tidak pernah buffer data apa pun. Aplikasi ini hanya menampilkan data dalam potongan.

Single Threaded but Highly Scalable

Node.js menggunakan model single threaded dengan event looping. Mekanismenya membantu server untuk merespons dengan cara yang tidak menghalangi dan membuat server sangat skalabel dibandingkan dengan server tradisional yang membuat utas terbatas untuk menangani permintaan. Node.js menggunakan program berulir tunggal dan program yang sama sehingga dapat menyediakan layanan untuk jumlah permintaan yang jauh lebih besar daripada server tradisional seperti Apache HTTP Server.

Apa Itu NPM

Node Package Manager atau NPM adalah sebuah tools yang akan secara otomatis terinstal jika Anda sudah menginstal Node.js. NPM ini bisa dikatakan yaitu mempunyai 2 fungsi. Fungsi yang pertama, NPM ini yaitu sebuah repository online. Jadi Anda bisa dengan mudah untuk membagikan modul Node.js atau aplikasinya secara online. Jika Anda memerlukan atau ingin menggunakan modul, Anda bisa mencari modul tersebut di repository ini. Anda tinggal download dan install di komputer Anda. Fungsi yang kedua yaitu, NPM bisa juga sebagai command line yang berfungsi untuk menginstal modul.

Cara Install NPM di Windows

Untuk menginstal NPM di Windows, maka Anda harus menginstal Node.js. Ikuti langkah-langkah nya dibawah ini

Langkah 1 : Download Node.JS

Langkah pertama yaitu Anda buka browser, lalu masukkan url ini https://nodejs.org/en/download/. Anda klik tombol windows installer untuk mengunduh node.js versi default. Pada artikel ini ditulis, versi 12.16.3-x64 adalah versi terbaru. Node.js installer ini sudah termasuk NPM dengan versi 6.14.4. 

Install nodejs

Catatan: Di website tersebut ada versi lain yang tersedia yang lebih baru. Jika Anda memiliki sistem yang lebih lama, Anda mungkin bisa menggunakan versi 32-bit. Anda juga dapat menggunakan beralih dari versi LTS yang stabil ke versi saat ini. Namun jika Anda baru mengenal Node.js atau tidak memerlukan versi tertentu, pilih LTS.

Langkah 2 : Install Node.JS dan NPM

Setelah selesai mengunduh. Buka tautan unduhan di browser Anda dan klik file tersebut. Atau, telusuri ke lokasi di mana Anda menyimpan file dan klik dua kali untuk memulai.

Sistem akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan perangkat lunak – klik Run.

Anda akan disambut di Node.js Setup Wizard – klik Next.

Install Nodejs dan NPM

Pada layar berikutnya, tinjau perjanjian lisensi. Klik Berikutnya jika Anda menyetujui persyaratan dan menginstal perangkat lunak.

Accept terms

Installer akan meminta Anda untuk lokasi pemasangan. Pilih lokasi default, kecuali jika Anda memiliki kebutuhan khusus untuk menginstalnya di tempat lain – lalu klik Berikutnya.

Destination folder

Wizard akan membiarkan Anda memilih komponen untuk disertakan atau dihapus dari instalasi. Pilih default, kecuali jika Anda memiliki kebutuhan khusus. Klik Berikutnya.

Custom setup

Terakhir, klik tombol Install untuk menjalankan installer. Saat selesai, klik Finish.

Langkah 3 : Verifikasi Instalasi

Buka command prompt atau PowerShell, dan masukkan perintah berikut ini :

node –v

Sistem akan menampilkan versi Node.js yang diinstal pada sistem Anda. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk NPM :

npm –v

Bagaimana Cara Update Node.JS dan NPM

Cara termudah untuk memperbarui Node.js dan NPM adalah dengan mengunduh versi terbaru perangkat lunak. Pada halaman unduhan Node.js, pilih current latest features. Disana akan menampilkan versi terbaru. Anda dapat membandingkan ini dengan versi yang telah Anda instal.

Untuk upgrade, tinggal unduh versi terbaru dan instal. Setup wizard akan menimpa versi lama, dan menggantinya dengan versi baru.

Install NPM

Bagaimana Cara Uninstall Node.JS dan NPM

Anda dapat menghapus Node.js dari Control Panel di Windows.

Untuk melakukannya:

Klik tombol Start>Settings>Apps. Temukan Node.js dan uninstall.

Uninstall nodejs

Oke itulah tutorial penginstalan Node js di WIndows jika ada yang perlu ditanyakan silahkan cantumkan di kolom komentar, Oke terima kasih telah berkunjung.