Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

  • Share
cara membuat filter instagram mudah

Sebagian besar pengguna Instagram akrab dengan filter AR. Ini adalah efek khusus yang memungkinkan bentuk ekspresi digital yang lebih hidup. Anda mungkin pernah menggunakannya sebelumnya.nah pada kali ini kita akan berbagai Cara Membuat Filter Instagram menggunakan AR Studio. yang bisa kalian download secara gratis ya.

1. Unduh dan Instal Spark AR Studio

Untuk membuat filter AR Instagram Anda sendiri, Anda memerlukan program yang disebut Spark AR Studio . Ini adalah alat gratis yang dibuat oleh Facebook yang memungkinkan hampir semua orang merancang dan membangun efek AR untuk aplikasi sosial. Ini tersedia untuk platform Windows dan Mac. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal program di perangkat Anda. Setelah ini selesai, luncurkan program.

2. Masuk Menggunakan Akun Facebook Anda

Cara Membuat Filter Instagram Kustom Masuk ke Akun Facebook

Untuk menggunakan alat ini, Anda memerlukan akun Facebook. Masuk dengan kredensial Anda di Spark AR Studio untuk memulai perjalanan Anda.

3. Berkenalan dengan Platform

Spark AR Studio adalah alat yang kompleks. Jika Anda memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman dengan desain visual, mungkin akan terlihat sedikit berlebihan pada awalnya. Cara terbaik untuk memulai Spark adalah dengan mengikuti tur pendahuluan. Ini memberikan gambaran singkat tentang antarmuka perangkat lunak hanya dalam lima menit.

Cara Membuat Filter Instagram Kustom Mulai Tur

Selanjutnya, ikuti beberapa tutorial di Pusat Pembelajaran untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang fitur dan alat utama Spark. Setelah Anda merasa siap untuk bekerja, Anda dapat membuat filter dari awal atau memulai dengan yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Pilih Template atau Buat Filter Baru

Sebaiknya mulai dengan templat jika Anda baru mengenal alat ini. Pilih dari opsi yang tersedia dan mulailah bereksperimen dengan efek preset untuk melihat cara kerjanya dan apa komponennya.

Cara Membuat Template Filter Instagram Kustom

Misalnya, ambil “Warna rambut”. Terapkan template, lalu bermain-main dengan pengaturan default dan lihat hasilnya secara real time. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang masing-masing komponen lakukan dan bahkan mungkin akhirnya menciptakan variasi yang layak. Anda didorong untuk menjelajahi semua templat karena ini cara yang bagus untuk belajar.

Cara Membuat Filter Instagram

1. Tambahkan persegi panjang di layar. Untuk melakukannya, buka panel Scene dan klik “Add Object”. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Persegi Panjang atau gunakan bilah Pencarian untuk menemukannya dengan cepat. Klik Sisipkan.

Cara Membuat Kustom Instagram Tambahkan Sisipan Persegi Panjang

2. Anda akan melihat bahwa persegi panjang kecil telah ditempatkan di sudut kiri atas layar ponsel cerdas Anda. Klik kanan pada “rectangle0” baru Anda di Scene jika Anda ingin mengubah namanya.

Cara Membuat Simulasi Persegi Panjang Filter Instagram Kustom

3. Di Panel Inspektur, cari Lebar dan Tinggi. Klik masing-masing secara bergantian dan pilih “Isi Lebar” dan “Isi Tinggi”. Ini akan menghasilkan sudut pandang Anda sepenuhnya tertutup oleh persegi panjang. Pola kotak-kotak ini dikenal sebagai “alpha” dan transparan.

Cara Membuat Simulasi Isi Filter Instagram Kustom

4. Oleskan lapisan “berdebu” di atas. Untuk ini kita membutuhkan tekstur debu. Anda dapat menemukan banyak hal secara online. Simpan beberapa di komputer Anda untuk dimiliki dan pastikan semuanya dalam orientasi Potret.

5. Buat materi baru dengan mengklik tombol “+” di panel Inspektur dan memilih “Buat Materi Baru”.

Cara Membuat Instagram Kustom Membuat Materi Baru

6. Pada panel Asset, klik pada material baru (material1) untuk menampilkan propertinya di Inspector. Sebaiknya ubah nama materi Anda sehingga Anda dapat dengan mudah membedakannya dari materi lain yang mungkin ingin Anda gunakan di masa mendatang.

7. Kembali ke Inspektur, pilih “Pilih File” untuk menggunakan tekstur debu pilihan Anda.

Cara Membuat Filter Instagram Kustom Pilih File

8. Tekstur Anda sedang dikompresi, jadi beri Spark beberapa detik untuk menyelesaikan pekerjaan.

9. Setelah selesai, alihkan perhatian Anda ke Inspektur lagi. Di bagian atas pilih “Shader Type” yang berbeda dari menu drop-down. Ini harus “Datar”.

Cara Membuat Jenis Shader Filter Instagram Kustom

10. Tekstur akan muncul di Simulator Anda, tetapi saat ini hanya akan menghitamkan layar. Untuk “memercikkan” debu pada tampilan Anda, buka “Opsi render” dan pilih “Layar” dari menu di bawah “Mode Campuran”.

Cara Membuat Blend Mode Filter Instagram Kustom

11. Filter sekarang terlihat di Simulator. Anda juga dapat memilih untuk Menambahkan dari “Blend Mode”, dan seperti yang Anda lihat, hasilnya sedikit lebih intens. Anda mungkin juga ingin mengutak-atik bilah Opacity sampai Anda menemukan yang terbaik untuk Anda.

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan tekstur tambahan dan melihat tampilannya sehingga Anda dapat memilih favorit Anda. Tentu saja, Anda dapat menyimpan lebih dari satu, jika itu yang Anda inginkan.

Uji dan Publikasikan

Selanjutnya, Anda mungkin ingin menguji efek ini pada ponsel Anda dan melihat bagaimana tampilannya beraksi. Untuk melakukannya, pastikan Anda telah menyimpan proyek Anda di Spark AR Studio.

Unduh dan instal Spark AR Player di perangkat seluler Anda. Setelah Anda meluncurkan aplikasi, itu akan meminta Anda untuk mengaktifkan USB Debbuging di opsi Pengembang (jika Anda menggunakan Android). Lakukan, lalu sambungkan ponsel ke komputer Anda menggunakan kabel USB.

Kembali ke Spark AR Studio di desktop Anda, klik tombol yang terlihat seperti ponsel cerdas di sisi kiri bawah layar untuk “Menguji di perangkat”. Klik pada tombol Send untuk mengirimkan efeknya ke ponsel Anda.

Cara Membuat Filter Instagram Kustom

Sekarang buka, Spark AR Player di ponsel Anda dan filter harus ada di sana menunggu Anda. Anda dapat mencoba efeknya secara real time dan bahkan mengambil beberapa foto dengannya.

Cara Membuat filter instagram dengan spark AR

Jika Anda bangga dengan pekerjaan Anda dan ingin menerbitkan filter, kembali ke Spark AR Studio dan ketuk tombol “Unggah dan Ekspor” tepat di bawah “Uji di perangkat”, Perlu diingat bahwa perlu beberapa saat untuk filter baru untuk mendapatkan persetujuan, jadi Anda harus bersabar.

Cara Membuat filter instagram mudah

Sekarang Anda tahu cara membuat filter Instagram Anda sendiri, kami mendorong Anda untuk terus bekerja dengan alat tersebut. Bereksperimenlah dengan fitur-fiturnya dan pastikan untuk menjadi lebih baik dalam pembuatan filter AR. Sekian tutorial kali ini , jika ada yang pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments